Tips Jaga Kesehatan bagi Petugas KPPS dari Kemenkes, Perhatikan 4C

Petugas KPPS memperlihatkan suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA Lifestyle – Menjelang hari penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, banyak orang berbondong-bondong melamar pekerjaan sebagai petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Sura (KPPS) di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Banyak persiapan yang sudah dilakukan oleh para petugas KPPS, mulai dari pemberkasan, pembekalan materi seputar Pemilu, hingga menjaga kesehatan, karena pekerjaan yang akan dilakukan terbilang cukup berat selama seharian penuh di lokasi pemungutan suara. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Semakin mendekati hari penyelenggaraan Pemilu, Kementerian kesehatan (Kemenkes) memberikan rekomendasi tips menjaga kesehatan bagi para petugas KPPS.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

"Di balik penyelenggaraan pesta demokrasi, ada petugas KPPS yang turut andil dalam kelancaran ajang lima tahunan ini. Agar tetap sehat, #Minkes punya 4 tips jaga tubuh tetap bugar selama bertugas! Disimak yuk," tulis keterangan Instagram @kemenkes_ri, dikutip Jumat 9 Februari 2024.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Adapun tips menjaga kesehatan bagi para petugas KPPS ini dirangkum dalam 4C yang bisa mulai diterapkan sesegera mungkin sebelum hari Pemilu berlangsung.

1. Cukup tidur

Pada umumnya cukup tidur bukan hanya bermanfaat untuk menjaga stamina harian tetapi juga baik untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Petugas KPPS disarankan untuk mulai menjaga pola tidurnya minimal 6-8 jam setiap hari agar tubuh terasa lebih bugar di hari pemungutan suara.

2. Cukup olahraga

Di samping mengerjakan persiapan jelang Pemilu, petugas KPPS juga bisa melakukan olahraga ringan seperti senam bersama petugas lainnya sekaligus untuk memperkuat kerja sama agar penyelenggaraan Pemilu bisa sukses dilaksanakan.

3. Cukup makan

Tentunya, makanan sehat dan bergizi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kemenkes mengingatkan agar petugas KPPS tidak banyak makan snack dan lebih memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Selain itu, pastikan juga ada cukup protein, sayur, buah, karbohidrat, dan vitamin yang lengkap dalam porsi makanan harian.

4. Cukup minum

Bukan hanya makanan yang harus diperhatikan jelang terselenggaranya Pemilu, tetapi juga minum air yang cukup. Perbanyaklah minum air mineral, kurangi minum kopi dan minuman manis atau berenergi.

Dengan menjaga 4C tersebut, maka tubuh jadi tidak mudah sakit dan energi pun bisa tersimpan dengan baik hingga penyelenggaraan Pemilu berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya