Bisakah Menurunkan Berat Badan 20 Kilogram Dalam Waktu Singkat? Yuk Simak 5 Caranya!

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Menurunkan berat badan hingga 20 kilogram dalam waktu yang singkat, merupakan target yang cukup ambisius. Angka ini dinilai tidak ideal dalam menurunkan berat badan secara sehat dan berkelanjutan. Namun, apakah bisa?

Lakukan 6 Kebiasaan Ini di Pagi Hari Disebut Bisa Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat, Yuk Coba!

Melansir dari Livofy, mencapai penurunan berat badan sebanyak 20 kilogram dalam waktu singkat, seperti misalnya dalam tiga bulan, memerlukan strategi yang tepat. Seperti apa caranya? Scroll untuk baca info lengkapnya, yuk!

Perlu diketahui, menurunkan berat badan 20 kilogram secara sehat dan berkelanjutan, biasanya dianjurkan untuk mengambil pendekatan yang bertahap. Secara umum, penurunan berat badan sekitar 0,5-1 kg per minggu dianggap aman dan dapat dipertahankan dalam jangka panjang. 

Pangkas BB Belasan Kilo, Penampilan Baru Prilly Latuconsina Jadi Sorotan

Ilustrasi olahraga/dumbbell.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Berdasarkan perhitungan ini, diperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan 20 kilogram adalah sekitar 20-40 minggu atau sekitar empat sampai delapan bulan. Namun, ini tergantung pada berbagai faktor seperti pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan metabolisme tubuh. 

5 Olahraga Kardio Ringan Tanpa Alat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kilogram

Berikut ini pendekatan yang atau cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan 20 kilogram dalam waktu tiga bulan:

1. Perencanaan Makanan

Perencanaan makanan adalah hal penting untuk menurunkan berat badan. Tentukan kebutuhan kalori harian kamu untuk mencapai defisit kalori yang tepat. Biasanya, untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengonsumsi kurang dari kebutuhan kalori harian.

Kamu perlu fokus pada makanan sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan, protein tanpa lemak seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, serta sumber karbohidrat kompleks misalnya, gandum utuh, kentang, beras merah, dan lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering, misalnya 5-6 kali sehari, untuk menjaga metabolisme tetap aktif.

Kemudian, yang tak kalah penting adalah membatasi konsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang tinggi gula tambahan.

2. Program Latihan

Selain makanan, kombinasi dengan latihan adalah hal penting. Lakukan latihan kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, berenang, atau melompat tali minimal 4-5 kali seminggu. Sesuaikan intensitas dan durasi latihan sesuai dengan tingkat kebugaran kamu.

Kamu juga disarankan memasukkan latihan kekuatan 2-3 kali seminggu untuk membangun otot dan mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.
 Tingkatkan aktivitas fisik sehari-hari seperti berjalan kaki lebih banyak, naik tangga, atau melakukan kegiatan fisik ringan di sekitar rumah.

3. Pantauan dan Evaluasi

Catat berat badan dan ukuran tubuh secara teratur untuk menilai kemajuan dan menyesuaikan program jika diperlukan. Gunakan aplikasi atau jurnal untuk mencatat asupan kalori harianmu dan pastikan kamu berada dalam defisit kalori yang sesuai.

4. Konsistensi dan Motivasi

Penting untuk tetap konsisten dengan rencana makan dan latihan kamu setiap hari. Hindari godaan untuk melonggarkan disiplin kamu.

Lalu, tetapkan tujuan yang jelas, misalnya penurunan berat badan mingguan atau bulanan, dan temukan dukungan dari teman, keluarga, atau komunitas online untuk menjaga motivasi tetap tinggi.

5. Konsultasi Profesional

Terakhir, tidak kalah penting, adalah konsultasi profesional. Ini penting bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan jumlah besar dan dalam waktu singkat. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk perencanaan yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu agar lebih aman dan sehat.
 

Itu dia cara menurunkan berat badan hingga 20 kilogram dalam waktu singkat. Dengan mengikuti pendekatan ini secara konsisten dan disiplin, kamu dapat memiliki peluang yang baik untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Pastikan untuk mendengarkan tubuh kamu dan menyesuaikan program sesuai dengan respons individu terhadap perubahan gaya hidup ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya