Ajaib, Balita dengan Usus Menonjol Sehat Berkat 5 Organ Baru

Adonis Ortiz
Sumber :
  • Facebook

VIVAlife - Usia kehamilan Aracelis Ortiz masih empat bulan saat dokter memvonis janin yang dikandungnya akan lahir cacat. Bayi itu bakal mengalami kelainan yang disebut gastroschisis, kondisi menonjolnya usus melalui sebuah lubang di dinding perut.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Aracelis diberi opsi menggugurkan kandungan. Tapi, ia memilih melahirkannya. “Aku percaya pada Tuhan. Aku ingin melahirkan bayi ini,” ujarnya seperti dikutip Daily Mail.

Akhirnya, 7 Desember 2010 bayi laki-laki lahir dari rahimnya. Ia diberi nama Adonis Ortiz. Tim dokter langsung menangani cacat lahir yang dideritanya. Tapi lima hari kemudian, dokter menemukan usus yang terbentuk di luar perutnya bermasalah.

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi

Adonis hanya memiliki usus sepanjang 28 sentimeter. Padahal, usus bayi normal panjangnya mencapai 250 sentimeter. Ia harus menjalani dua kali operasi. Namun, kondisinya terus memburuk. Agustus lalu, Adonis makin drop. Ia divonis menderita jaringan parut hati stadium 2.

Oktober tahun ini, Aracelis mendengar kabar soal adanya transplantasi organ yang cocok untuk putranya. Tanpa buang banyak waktu, ia langsung membawa Adonis ke Holtz Children’s Hospital di University of Miami Jackson Memorial Medical Center.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

“Kami sudah melalui beragam lika-liku, tapi aku tidak pernah kehilangan kepercayaan,” kata Aracelis.

Di rumah sakit itu, putranya menjadi anak pertama di dunia yang menjalani transplantasi multi-organ. Ia mendapat  hati, pankreas, lambung, usus kecil, dan usus besar baru. Itu dilakukan tanpa adanya kolostomi, pembuatan lubang dari usus ke permukaan perut.

Adonis Ortiz

Operasi berjalan lancar. Selasa kemarin, Adonis keluar ruang operasi dengan senyum terkembang di wajahnya. Ia baik-baik saja, dan dokter menyebutkan dirinya bakal tetap sehat. Hidupnya akan normal.

Berkat operasi itu, Adonis memang banyak bekas luka. Ia juga harus makan melalui selang. Tapi kata dokter, beberapa bulan lagi ia akan bisa makan dengan cara biasa. Hanya saja, ia masih harus di rumah sakit setidaknya sampai Februari. Dokter masih harus memantaunya.

Para dokter dan Aracelis berharap, tubuh Adonis nantinya tidak akan menolak organ-organ baru yang diberikan. Sebab, Aracelis tak sabar ingin segera mendaftarkan putranya ke sebuah klub baseball tahun ini. Kini, Adonis sudah mulai ceria. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya