Pertengkaran dengan Pasangan Picu Serangan Jantung

Pasangan bertengkar.
Sumber :
  • iStock

VIVAlife – Dalam sebuah hubungan, pertengkaran adalah hal biasa. Malah, ada pepatah yang menyebutkan, pertengkaran adalah bumbu percintaan. Tetapi, di sisi lain, sebuah studi menunjukkan bahwa pertengkaran pasangan, terutama yang terjadi dalam jangka waktu panjang, bisa memicu serangan jantung.

Hasil penelitian tersebut, juga menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terkena serangan jantung akibat tekanan dalam hubungan.

Sosiolog asal Michigan State University, Amerika Serikat, Dr. Hui Lui, yang mengepalai penelitian, menyebutkan wanita berisiko menderita serangan jantung, karena wanita cenderung memendam pikiran negatif, dibanding pria.

Penelitian difokuskan pada pasangan yang berada dalam tahap berpacaran, bertunangan hingga menikah. Usia hubungan juga menjadi pertimbangan. Sebanyak 1.200 pasangan terlibat dalam penelitian ini.

Dari penelitian, Dr Lui menyimpulkan bahwa semakin lama pasangan berada dalam hubungan yang penuh tekanan, dalam artian sering bertengkar, mereka juga semakin berisiko menderita depresi, tekanan darah tinggi, serta serangan jantung.

Sebaliknya, Dr Lui menemukan bahwa pernikahan yang bahagia meningkatkan kesehatan pasangan.

“Hal ini, berkaitan dengan stres yang dirasakan pasangan dalam hubungan yang buruk. Stres tersebut, berubah menjadi depresi yang kemudian bisa berimbas pada beragam penyakit lain, termasuk serangan jantung,” terang Dr Lui, dilansir Daily Mail.

Selain itu, hubungan yang tidak bahagia juga memicu pasangan melakukan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, minum minuman beralkohol, atau mengonsumsi obat penenang.

Studi ini dipublikasikan di Journal Of Health And Social Behavior.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Baca juga:

(asp)

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024