Ini Kebiasaan Buruk Anda yang Mengundang Diabetes

Ilustrasi Diabetes.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Diabetes adalah salah satu penyakit penyebab kematian yang banyak ditemukan di Indonesia, juga dunia. Penyakit ini tak mengenal usia, jenis kelamin, dan strata sosial.

Dokter Filipina Temukan Obat Diabetes dalam 5 Menit

Diabetes, dipengaruhi oleh gaya hidup yang dijalani seseorang, yang akan terasa dampaknya setelah usia mulai lanjut. Beberapa kebiasaan sehari-hari, juga bisa mmebuat Anda berisiko terkena diabetes. Apa saja kebiasaan itu? Berikut ulasannya, menurut Everyday Health.

Menonton televisi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menghabiskan 2 jam berdiam diri di depan televisi dapat memperbesar risiko terkena diabetes sebanyak 20 persen. Hal ini diperparah dengan konsumsi alkohol dan makanan tak sehat ketika menonton televisi. Ubah kebiasaan menonton berlama-lama ini menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat.

Begadang

Kekurangan jam tidur dan jam istirahat, dapat membuat tingkat dehidrasi dan stres dalam tubuh meningkat. Stres dan tekanan yang dirasakan tubuh pastinya juga akan meningkatkan konsumsi gula dan makanan manis lainnya, yang mengarah pada diabetes.

Masih dikutip dari artikel kesehatan yang sama, berikut adalah dua solusi yang ditawarkan:

Rajin cek gula darah

Walaupun belum pernah merasakan keluhan diabetes, mengecek kadar gula darah adalah hal yang penting untuk menganalasis gejala diabetes sejak dini.

Hal tersebut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani diabetes sebelum gejalanya semakin parah. Periksakan gula darah Anda ke rumah sakit terdekat, dan jika hasilnya buruk, segera konsultasikan pada dokter.

Diet Yo-Yo

Ketahuilah bahwa ini adalah diet yang tidak serius. Terkadang menahan makan dan menjaga porsi, namun terkadang malah melipatgandakan porsi makan dari sebelumnya. Hal ini tentunya berbahaya bagi yang berisiko terkena diabetes. Untuk itu jika ingin diet, lakukan kegiatan ini secara teratur jangan setengah-setengah.

Baca juga:

Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Diabetes
oat meal.

Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes

Anak penderita diabetes membutuhkan perhatian khusus.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016