Minuman Manis Percepat Menstruasi para Gadis

Minuman berenergi.
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA.co.id - Mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat, tentu membawa banyak kerugian bagi kesehatan. Selain kita jadi tidak bisa melengkapi nutrisi tubuh, konsumsi makanan dan minuman tidak sehat, bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti diare, batuk, keracunan, hingga obesitas.

Yang harus diwaspadai ialah minuman manis kemasan yang biasa dijajakan di pasaran. Minuman manis ini biasanya memiliki berbagai rasa, mulai dari masam, hingga manis luar biasa.

VIDEO: Sirup Pokak, Minuman Rempah-rempah

Tahukah Anda, kadar gula dalam minuman jenis ini dapat berpengaruh pada tubuh anak-anak. Minuman manis ternyata berpengaruh pada siklus menstruasi pertama anak perempuan.

Sebuah penelitian di Harvard Medical School di Amerika Serikat membuktikan bahwa minuman manis yang sering dikonsumsi remaja putri, mampu mempercepat siklus pertama menstruasinya.

Hal ini berarti, gadis yang sering menenggak minuman manis akan mengalami menstruasi lebih cepat, ketimbang anak perempuan yang tidak mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula berlebihan tersebut.

Dilansir dari Times of India, sebanyak 5.583 remaja putri dari usia 9-14 tahun, yang diteliti mulai dari tahun 1996 - 2001, menunjukkan data bahwa remaja putri yang mengonsumsi minuman manis sebanyak 1,7 servings, akan mengalami menstruasi 2,7 bulan lebih cepat, dari yang tidak mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan.

Menurut Karin Michels, salah satu profesor yang memimpin penelitian ini, pada awalnya ilmuan hanya akan meneliti kemungkinan obesitas karena konsumsi minuman manis ini, namun sejumlah gadis justru menunjukkan kecenderungan menstruasi lebih cepat, sesuatu yang membuat para peneliti juga memfokuskan diri pada kasus ini.

Studi: Minuman Manis Penyebab Kematian 25.000 Orang di AS

“Penyebab hal ini karena meningkatnya kadar glukosan dalam darah mereka," ujar Karin.

Penaikan kadar glukosa, atau yang biasa dikenal dengan indeks glikemik, menurut Karin, dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, yang berakibat pada cepatnya siklus mens gadis-gadis tersebut. Hormon insulin juga bisa merangsang pertumbuhan hormon seksual, yang membuat gadis lebih cepat mengalami menstruasi.

Selain minuman dengan kandungan gula tinggi, kafein yang biasa terkandung dalam kopi dan beberapa jenis teh, juga bisa mengakibatkan percepatan siklus menstruasi pada gadis remaja.

Baca juga:




Ilustrasi minum air putih

Sulit Meninggalkan Minuman Ringan? Ini Alternatifnya

Kandungan polifenol dalam teh mampu kurangi risiko gangguan jantung.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2015