Studi: Minuman Manis Penyebab Kematian 25.000 Orang di AS

Ilustrasi Cola Soda
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Konsumsi minuman manis dapat menyebabkan obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular. Minuman ini diklaim sebagai penyebab kematian 25 ribu orang dewasa di AS per tahunnya. Hal itu diungkapkan oleh sebuah laporan kesehatan yang belum lama ini dipublikasikan di jurnal American Heart Assn, Circulation.

Fakta Mengejutkan di Balik Kenikmatan Soda

Tak hanya itu, minuman manis seperti soda, minuman olahraga dan minuman buah-buahan yang saat ini banyak dijual di pasaran juga telah dikaitkan dengan 180 ribu angka kematian di seluruh dunia setiap tahun. Demikian dilansir dari Food World News.

Tiap tahun, lebih dari tiga dari empat kasus kematian terjadi karena konsumsi minuman tinggi gula yang berlebihan di negara-negara miskin dan berkembang. Meksiko, negara dengan konsumsi minuman manis paling tinggi sedunia per kapita mengalami kematian 24 ribu warganya pada tahun 2010 akibat konsumsi minuman tinggi gula berlebihan.

Tiga Bahaya Minuman Bersoda bagi Anak

Untuk membuat laporan tersebut para peneliti mengumpulkan data kematian dan disabilitas dari tahun 2010 dan mengkalkulasikan efek langsung minuman manis dengan kesehatan publik berbasis survei diet yang dilakukan pada lebih dari 600 ribu orang. Studi ini melibatkan minuman soda, minuman buah-buahan, minuman energi, es teh manis dan minuman manis buatan rumahan.

(mus)

Sulit Meninggalkan Minuman Ringan? Ini Alternatifnya
Ilustrasi Minuman

Minuman Bersoda Ternyata Bisa Buat Depresi

Ketahui tujuh fakta mengenai kaitan minuman bersoda dengan depresi.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016