Kisah Pilu Korban Malapraktik Operasi Lasik

Ilustrasi proses pengangkatan mata.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Lasik, adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh ahli perawatan mata. Fungsinya untuk membuat penglihatan kembali normal, tanpa bantuan kaca mata atau lensa kontak. Lasik, secara umum ialah pengobatan mata dengan menggunakan bantuan sinar laser.

Operasi ini harganya tak murah, selain itu, jika operasinya tidak berjalan lancar risiko yang ditanggung pasien berbahaya. Dikutip dari DailyMail, Sasha Rodoy, seorang wanita asal London, Inggris, yang melakukan lasik namun gagal menceritakan kisahnya di laman itu.

Awalnya Sasha mengalami rabun jauh, meski belum parah ia memutuskan untuk melakukan lasik. "Saya lakukan lasik untuk menghemat biaya membeli dan berganti kacamata. Sebetulnya rabun saya masih bisa sembuh dengan bantuan kacamata saat itu," ujarnya.

Akhirnya operasi itu dilakukan pada tahun 2011. Sayangnya, pasca operasi, bukan tanda kesembuhan tabun jauh yang dirasakan, melainkan keanehan lain yang dirasakan pada bagian matanya.

Ia terangkan, rabun jauhnya semakin memburuk, dan kini ia mengalami kesulitan t melihat dalam jarak dekat. Ia jadi sering iritasi mata, serta sensitivitas matanya makin bertambah, walau hanya melihat cahaya remang.

Melepas cita-cita

DailyMail juga melansir, kasus komplikasi pasca operasi yang dialami Sasha, merupakan kelalaian pihak rumah sakit. Ironisnya, 75 persen pasien yang melakukan lasik di London, memilih tempat yang sama dengan Sasha. Sasha sendiri, tergoda untuk melakukan operasi ini, karena dulu tergoda adanya potongan harga yang ditawarkan.

Kini Sasha harus rela melepas mimpinya menjadi fashion designer, karena tidak mungkin dengan pandangan mata yang buruk, ia menjadi pencang busana. Ia kini membuat situs web bernama My Beautiful Eyes, yang menjadi wadah bertemunya para korban operasi lasik, yang hingga saat ini jumlahnya sudah mencapai angka lebih dari 3.000 orang.

"Hampir semua korban memiliki kecenderungan sama, mereka tidak tahu siapa dokter bedah yang melakukan operasi mata mereka. Bahkan ada yang tidak tahu apa-apa mengenai apa itu lasik, mereka hanya mencari jalan pintas untuk sembuh saat itu," ujar Sasha.

Wanita ini berpesan, "Jika ingin melakukan lasik, lakukan hanya saat memang sudah tidak ada pilihan lain. Misalnya jika tidak dilakukan, mata Anda bisa buta permanen. Jika belum terlalu parah, dan masih bisa menggunakan kacamata, lebih baik bersabar dan melakukan perawatan dengan kacamata atau lensa kontak.”

Wanita Ini Operasi Plastik Agar Tak Mirip Ibunya

Baca juga:

Bius Pasien Overdosis, 3 Dokter Jadi Tersangka Malapraktik

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya