Empat Makanan Penyebab Perut Kembung

Perut kembung.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Penampilan terganggu karena perut buncit? Pasti menyebalkan. Bukan hanya dari konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Namun ternyata buncit juga bisa terjadi jika kita melahap makanan yang kita pikir sehat.

Gejala awalnya dapat dilihat dari perut yang menjadi kembung. Lantas, apa saja makanan yang membuat perut kembung? Ini ulasannya dilansir dari laman Health.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu dari berbagai macam sayuran persilangan, seperti kol dan kubis, yang di dalamnya terkandung senyawa raffinose, kandungan gula yang tidak mudah dicerna oleh lambung. Zat sisa dalam lambung tersebut, kemudian memicu produksi gas lambung yang berlebih dan membuat perut menjadi kembung dan terlihat buncit.

Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan memakan brokoli secukupnya, dan mengimbangi dengan makanan berserat lain, yang membuat lambung mampu mencerna dengan lebih baik.

Produk susu


Untuk beberapa orang, susu sapi dan beberapa produk olahan lainnya seperti keju, adalah penyebab utama seseorang mengalami kembung pada perutnya. Jika Anda mengalami hal yang sama, maka dapat dipastikan bahwa Anda adalah seseorang yang alergi terhadap laktosa, kandungan yang terdapat dalam susu sapi.

Keadaan ini berarti bahwa tubuh kekurangan enzim pencerna laktosa yang membuat produksi gas meningkat dan perut menjadi kembung. Jika ingin mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan dasar susu, pastikan membeli yang bebas laktosa, atau ganti ke susu kedelai, yang lebih aman untuk Anda.

Apel

Buah ini, adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain mengandung banyak serat dan vitamin A, kandugan lain dalam satu buah apel, seperti protein, gula, dan vitamin C, juga bisa menjadi sumber manfaat bagi tubuh.

Namun di balik manfaat dari buah yang sering dijadikan pengganti snack ini, efek samping yang ditimbulkannya pada perut ialah kembung. Apalagi jika dimakan dalam jumlah banyak, maka lambung akan sulit mentolerir. Buah lain yang berpotensi sama, ialah pir, persik, dan prem.

Makanan asin

Kandungan sodium dalam garam, jika berada di dalam tubuh mampu meningkatkan jumlah air. Hal inilah yang kemudian membuat perut lebih kembung dan terlihat buncit. Sayangnya, makanan asin mengandung sodium, adalah makanan yang justru banyak diminati sebagian besar orang.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan meminum banyak air putih setelah mengkonsumsi makanan super asin. Hal tersebut bisa menyeimbangkan kadar air dalam tubuh, terutama dalam perut.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Baca juga:

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Ilustrasi durian

Ini Makanan Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bukan cuma petai dan jengkol.

img_title
VIVA.co.id
4 Juni 2015