Yakin Gunakan Parfum yang Aman? Ini Bahayanya

Wanita memakai parfum.
Sumber :
  • www.uchiparfume.com

VIVA.co.id - Parfum dan berbagai jenis wewangian adalah salah satu faktor penunjang penampilan. Penampilan yang rapi akan semakin berkesan dan lengkap, dengan adanya wewangian.

Cara Tepat Pilih Body Mist agar Kulit Tak Teriritasi

Penggunaan beberapa jenis parfum juga bisa menjadi identitas seseorang yang memakainya. Namun, tahukah Anda, ada beberapa parfum yang mengandung bahan kimia berbahaya yang mengancam kesehatan.

Penggunaan parfum tersebut harus segera dihentikan, karena bisa menyebabkan berbagai gangguan. Bagaimana penjelasannya?

Sebuah tim advokasi di Kanada, meneliti beberapa merek parfum terkenal, yang sudah dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Setelah diteliti, hasilnya menunjukkan bahwa beberapa dari merek populer tersebut mengandung bahan kimia berbahaya yang mengancam kesehatan tubuh manusia.

Moschino Rilis Parfum dalam Botol Pembersih Kaca

Namun sayangnya, parfum tersebutlah yang digandrungi banyak orang, yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya demi memilikinya.

Adalah lilial dan benzyl salycilate, Times of India melansir, zat alergen berbahaya, yang justru terkandung dalam kedua merek parfum ternama tersebut. Kandungan dari zat kimia ini, menurut para peneliti, dapat merusak hormon seksual pada manusia, yang berbahaya untuk kesehatan reproduksi.

Menurut Rick Smith, Direktur Eksekutif dari Environmental Defence, kandungan lilial dan benzyl salycilate ini, biasanya ditemukan dalam pengharum ruangan atau menjadi salah satu campuran dalam cairan pembersih lantai yang biasa digunakan di rumah.

"Zat ini lah yang memunculkan aroma manis stroberi, segarnya hutan cemara, dan wewangian lainnya pada rumah Anda," ujarnya.

Jika digunakan sebagai parfum, tentunya sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit, serta dapat merusak hormon, mengingat penggunaannya yang sering dan dalam jumlah yang banyak. Rick juga menjelaskan, kandungan tersebut jika digunakan dalam jangka panjang, bisa memperbesar risiko kanker pada penggunanya.

Untuk itu, Rick berpesan, jangan sembarangan mengeluarkan kocek dalam untuk membeli wewangian, yang justru mengancam kesehatan. "Pilihlah wewangian yang menggunakan bahan bahan alami dan tidak berbahaya bagi tubuh. Dengan begitu, penampilan akan sempurna, kesehatan pun tetap terjaga," ujarnya. (art)

David Beckham Luncurkan Parfum Baru

Baca juga:

Sandra Dewi

Sandra Dewi Ungkap Pentingnya Memakai Parfum

Parfum mampu menumbuhkan rasa percaya diri dan memberikan semangat.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016