Bayi Ini Lahir Setelah 13 Tahun Jadi Embrio Beku

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Seorang bayi lahir dengan kondisi sehat, setelah sebelumnya 13 tahun menjadi embrio beku. Ya, sang ibu bayi yang bernama Debbi Beasley, adalah warga Amerika Serikat, sebelumnya dikabarkan sulit hamil kemudian mengikuti program medis: IVF (In Vitro Fertilization). Nama bayi itu adalah Laina Beasley, dan ia punya dua kakak kembar yang lahir dengan cara sama.

IVT atau proses bayi tabung sendiri, adalah proses meningkatkan kehamilan dengan bantuan teknologi, di mana telur disenyawakan dengan sperma secara manual, dalam tabung uji makmal. Kemudian, embrio yang sehat dan berhasil hidup, akan dimasukkan ke dalam rahim ibu.

Dikutip dari laman Tydknow, 1 Maret 2015, kejadian ini bermula ketika  Debbie dan suaminya Kent, mulai melakukan perawatan kesuburan di tahun 1990, di mana dokter yang merawat berhasil menghasilkan 12 embrio dari keduanya.

Beberapa bulan kemudian, Debbi bisa hamil dan mengandung tiga anak sekaligus. Sayangnya ia keguguran satu anak, dan si kembar Jeffrey dan Carieigh lahir pada tahun 1992.

Tiga tahun kemudian, ia dan suami dikabari, bahwa dokter yang dulu merawat, Ricardo Asch bersama timnya dari klinik, tanpa izin mengambil embrio mereka. Karena ketahuan polisi, klinik itu lalu ditutup dan sang dokter kabur keluar negeri.
 
Embrio Debbi dan suaminya, ternyata oleh dokter ini dijual ke East Coast University untuk eksperimen, namun untungnya mereka bisa menemukan dan mendapatkan kembali embrio itu.

Di tahun 2004, Debbie dan suami bersepakat, ingin punya anak lagi dengan embrio mereka yang telah dibekukan. Namun dokter mengatakan, kemungkinan embrio mereka selamat hanya 20 persen, dan pasangan ini bersedia mengambil risiko itu.

Setelah melewati masa beku yang panjang, akhirnya di tahun 2005, bayi sehat bernama Laina lahir. “Meski ia lahir lima minggu lebih cepat dari waktu seharusnya, namun kondisinya sangat baik. Saya masih tak percaya bahwa hal ini bisa terjadi, namun yang terpenting, sekarang ia ada di sini,” ujar Debbie.

Baca juga:

Biaya Program Bayi Tabung Kini Capai Rp37 Juta








Ini Perlu Dipersiapkan Sebelum Jalani Program Bayi Tabung
Ibu hamil.

Sulit Hamil, Upaya Ini Bisa Jadi Solusi

Bertambah lagi rumah sakit penyedia sarana bayi tabung di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016