Musik Klasik Efektif Melawan Pikun

Mendengarkan musik.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Keren, Pengamen Cilik Main Musik Seperti Orkestra
- Di zaman modern, musik sudah berkembang dengan sangat cepat dan luas. Segala jenis genre musik kini sudah dikreasikan dan dikembangkan menjadi aliran baru.

Menikmati Alunan Musik Jazz Rasa Klasik

Musik memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran dan menjadi salah satu senjata melawan stres. Lantunan lagu dengan tempo lambat, terbukti dapat membuat kadar stres dalam tubuh berkurang, dan perasaan menjadi lebih tenang.
Musik Senja 2015: Konser Klasik Mencetak Bibit Seni Berbakat


Namun, tahukah Anda, bahwa musik juga bisa menghindarkan Anda dari gejala pikun?


Sebuah penelitian membuktikan, musik klasik terbukti dapat meningkatkan ingatan dan menjauhkan manusia dari gangguan penyakit yang berhubungan dengan otak, seperti demensia.


Hal ini terjadi, karena musik klasik dapat merangsang kerja otak pada bagian-bagian yang berhubungan dengan aktivitas kognitif dan saraf. Sesuatu yang membuat otak bekerja semakin optimal, khususnya pada proses belajar dan mengingat.


Dilansir dari Times of India, para peneliti yang berasal dari University of Helsinki, menyatakan bahwa alunan musik milik Mozart, bisa menjauhkan manusia dari risiko penyakit parkinson, gangguan syaraf yang menyebabkan hilangnya ingatan, dan berpengaruh pada rusaknya sistem motorik tubuh.


"Hal ini karena reseptor gen SNCA, yang peka merupakan gen dari parkinson ini, terletak satu jalur dengan ruang musik dalam otak," ujar Irma Jarvela, salah satu peneliti. Menurut Irma, dengan mendengarkan musik beraliran klasik dalam waktu 20 menit, kemampuan otak bisa meningkat dan menjadi makin optimal.


"Dampak dari musik klasik ini, semakin terasa pada orang yang memiliki ketertarikan pada musik tersebut, karena otaknya akan merespons lebih daripada yang tidak menyukainya," tambahnya.


Selain berguna untuk para lansia dan orang dewasa yang ingin mengoptimalkan kerja otak, musik klasik juga berguna menstimulasi otak pada janin yang sedang ada dalam kandungan.


Untuk itu, banyak dokter dan konsultan kandungan yang menyarankan, para calon ibu untuk memerdengarkan musik aliran ini pada janinnya, demi optimalnya tumbuh kembang buah hati. (one)


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya