Fakta Unik di Balik Tidur Berjalan

Tidur berjalan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda tentu pernah dengar istilah sleep walking, atau penyakit tidur sambil berjalan. Beberapa orang memiliki gangguan tidur ini, yang membuat penderitanya dapat bergerak dalam tidur.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Berikut adalah fakta di balik sleep walking dikutip dari laman Huffington Post.

Tidak menyadari apa yang terjadi


Gangguan tidur sambil berjalan, akan membuat penderitanya terbangun dalam tidur dan melakukan kegiatan seperti berjalan, dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun saat sadar, si penderita tidak akan mengingat apa yang sudah dialami ketika sedang tidur berjalan. Hal ini wajar, karena sleep walking terjadi di alam bawah sadar.

Sering terjadi dengan mata terbuka

Beberapa kejadian sleep walking, terjadi dalam keadaan mata si penderita terbuka. Hal ini yang seringkali membuat orang di sekitarnya keliru dan menganggapnya hal biasa. Sedangkan, ada juga beberapa kasus tidur berjalan yang terjadi dalam keadaan mata tertutup.

Jangan dibangunkan!


Jika Anda melihat dan menghadapi seseorang dengan gangguan tidur ini, jangan membangunkannya. Sebab seseorang yang berada dalam alam bawah sadar, bisa melakukan hal apapun yang tak disadarinya. Mencoba membangunkannya, sama saja memicu adanya pergerakan agresif dari penderita.

Solusi paling baik untuk masalah ini, ialah untuk tidak membangunkannya, namun menuntunnya kembali ke tempat tidur, agar hal yang membahayakan tidak terjadi.

Penyebab beragam

Bila ada yang mengaitkan gangguan berjalan sambil tidur ini dengan hal magis, maka orang tersebut sedang mengada-ada. Pasalnya ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, yakni bahwa gangguan sleep walking bisa terjadi karena bermacam hal.

Aktivitas yang padat, konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur, serta depresi, bisa menjadi pemicu dari gangguan tidur ini. Selain itu ruang tidur yang tak nyaman, serta sakit tertentu bisa pula menyebabkan gangguan ini.

Dapat dicegah


Kunci dari permasalahan ini tindakan pencegahan. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan menjaga kualitas tidur dan keoptimalan tidur kita. Selain itu cobalah untuk tidur dalam suhu sejuk, jangan nyalakan televisi dan jangan tidur dengan keadaan lampu menyala.

Hindari juga makanan pedas dan berat sebelum tidur, serta kurangi konsumsi alkohol. Hal-hal tersebut, bila dilakukan dapat membuat kualitas tidur lebih baik, dan gangguan tidur seperti sleep walking bisa dihindari.



![vivamore="Baca Juga :"]

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?


Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
[/vivamore]
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024