Dok, Kulit Saya Gatal Akibat Keloid. Apa Solusinya?

Penyakit kulit gatal.
Sumber :
VIVA.co.id
Beragam Perawatan Keloid
- Selama ini tak banyak orang kenal dengan penyakit keloid. Ini adalah kondisi, di mana timbulnya benjolan pada bekas luka.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Namun, tak perlu panik, karena dokter Nina Amelia dari laman Meetdoctor menjelaskan, pengobatan keloid sekarang bisa mudah ditemukan di pasaran.
Ernando Ari yang Begitu Percaya Diri


“Kadang saya menerima pertanyaan dari pasien, keloid terasa gatal dok, lalu apa yang harus saya lakukan? Jawabannya sederhana, untuk mengatasi rasa gatal yang timbul, kita dapat menggunakan kompres es yang dibungkus handuk, selama tidak lebih dari 20 menit,” ujar Nina, saat diwawancara Rabu, 18 Maret 2015. 


Selain itu, penggunaan body lotion secara teratur juga disarankan untuk membantu memertahankan kelembapan kulit, sehingga keluhan gatal dapat dikurangi. “Jika dengan tips itu belum didapat perubahan klinis, Anda dapat mengonsultasikannya ke dokter. Karena mungkin, diperlukan obat salep ataupun obat untuk diminum, untuk membantu mengatasi keluhan gatal itu,” saran sang dokter.


Ia menambahkan, pada dasarnya keloid terbentuk akibat deposisi kolagen berlebih, namun apa penyebab pastinya masih diperdebatkan. Beberapa faktor yang diduga terkait pada pembentukan keloid, adalah genetik, gangguan saat penyembuhan luka, misalnya karena peregangan berlebih pada kulit, kurangnya kelembapan kulit, dan gangguan sistem imun.


“Keloid tidak sama dengan bekas luka akibat luka bakar, karena pada bekas luka bakar, tidak didapat deposisi kolagen berlebih. Selain itu, penanganan terbaik pada luka bakar, adalah dengan mendinginkan luka dengan air yang mengalir, selama kurang lebih 20 menit,” terang Nina.


Penggunaan pasta gigi, sebaiknya dihindari karena dapat menghambat proses pemulihan luka, dan justru meningkatkan risiko infeksi pada luka tersebut. (one)


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya