Cara Mudah Redakan Nyeri Menstruasi

Nyeri haid atau menstruasi edit
Sumber :
  • iStockphoto
VIVA.co.id
Redakan Nyeri Menstruasi dengan 4 Tips Ini
- Nyeri saat menstruasi adalah hal yang terjadi pada hampir semua wanita. Rasa perih dan nyeri pada bagian perut, sangat mengganggu, bahkan bisa menyebabkan hilangnya kesadaran, pada wanita yang memiliki daya tahan lemah.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Untuk itu, dibutuhkan cara ampuh yang bisa menghilangkan rasa nyeri mentruasi dalam waktu singkat. Apa saja caranya? Berikut ulasannya menurut laman
Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Times of India.

Perbanyak air putih


Memenuhi kecukupan air putih sangat penting bagi tubuh, terlebih saat menstruasi. Pasokan air putih yang cukup, dapat mencegah dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan kram pada perut ketika menstruasi.


Untuk itu, cukupilah asupan air putih dalam tubuh, agar menstruasi lebih nyaman tanpa rasa sakit yang mengganggu kegiatan.


Minuman hangat


Selain memerbanyak pasokan air putih, menghilangkan nyeri menstruasi dalam waktu singkat, juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi air hangat lebih banyak. Konsumsi minuman hangat, terbukti dapat melenturkan otot rahim yang tegang ketika menstruasi.


Meminum minuman hangat, juga bisa merangsang produksi darah dalam tubuh, yang membuat nyeri haid berkurang dalam waktu singkat. Anda bisa mencoba berbagai jenis minuman hangat seperti teh jahe, teh hijau, dan beragam jenis teh herbal lain, yang bisa meredam nyeri dan sakit ketika menstruasi.


Banyak bergerak


Selain nyeri di bagian perut dan pinggang, efek dari menstruasi juga bisa menyebabkan kram di beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, dan punggung. Untuk meredam rasa sakit, jangan berdiam diri di sofa atau kasur. Bergeraklah dan banyaklah berolahraga.


Dengan bergerak, otot-otot yang tegang bisa lebih regang dan lentur, sehingga keluhan kram bisa dihindari. Lakukanlah olahraga yang ringan seperti jalan atau bersepeda, dan hindari angkat beban, karena bisa memerparah risiko cidera.


Satu lagi terapi cepat menghilangkan nyeri menstruasi pada bagian perut, ialah dengan mengompres perut dengan air hangat. Gunakan wadah botol kaca atau karet, agar suhu air terjaga.

 

Dengan sentuhan hangat, perut akan lebih nyaman dan kram dapat segera hilang. Jangan lupa, selalu gunakan pakaian yang nyaman, agar gejala kram tidak lagi dirasakan, dan menstruasi datang lebih nyaman.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya