Mengapa Dehidrasi Lebih Rentan Terjadi pada Anak-anak?

ilustrasi anak minum air
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Selama ini banyak beredar pemahaman bahwa dehidrasi bisa menyebabkan gangguan jantung. Namun, sayangnya tak ada yang dapat menjabarkan secara pasti, tentang kondisi kesehatan ini.

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

Menurut dokter Nina Amelia dari laman Meetdoctor, jika tidak ditangani dengan baik, dehidrasi dapat menyebabkan timbulnya hipotensi (penurunan tekanan darah) akibat kurangnya jumlah cairan dalam pembuluh darah.

Akibatnya, distribusi nutrisi dan oksigen kepada sel tubuh pun akan menurun termasuk salah satunya jantung. Terlebih lagi, pada hipotensi tersebut, umumnya jantung akan melakukan kompensasi salah satunya dengan meningkatkan frekuensi dan kekuatan pompanya.

“Pada akhirnya, jantung akan kelelahan karena aktivitas yang meningkat dan disertai penurunan pasokan nutrisi,” ujar Nina.

Ia juga menjelaskan, dehidrasi rentan terjadi pada anak-anak karena hampir 70 persen tubuhnya tersusun dari cairan. Salah satu pertanda awal dehidrasi pada anak, adalah bibir kering, anak menjadi rewel dan seperti kehausan, ubun-ubun cekung, serta penurunan volume urine.

Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?

Selain itu, dehidrasi pada bayi dapat menyebabkan perubahan warna kuning pada tubuh bayi. Jika ASI yang diproduksi tidak mencukupi kebutuhan si Kecil, Ibu dapat menambahkan susu formula (tetapi tentunya penggunaan susu formula ini merupakan pilihan terakhir untuk anak berusia 0-6 bulan).

Diingatkan, meskipun dehidrasi dapat diatasi dengan mudah, tak jarang dehidrasi ini berujung pada kematian karena kurangnya kewaspadaan sehingga penanganan yang diberikan terlambat.

Amati berbagai tanda awal dehidrasi seperti bibir kering, rasa haus, penurunan produksi dan perubahan warna urine menjadi kuning pekat serta tingkatkan jumlah cairan yang Anda minum sebagai langkah awal penanganan dehirasi.

Namun, jika dehidrasi tersebut tidak teratasi dan menimbulkan keluhan yang makin berat seperti penurunan tekanan darah maupun kesadaran, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter terdekat.

Ilustrasi kelapa.

Manfaat Sehat Air Kelapa untuk Balita

Bagian terbaik air kelapa adalah rasanya yang manis dan rendah kalori

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016