Pertolongan Pertama pada Penderita Demam

Ilustrasi meriang / demam / kedinginan
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Sebagai pekerja, apalagi untuk yang bekerja di lapangan, terkadang seringkali terkena gejala demam atau meriang, sehingga aktivitas sehari-hari bisa terganggu. Akibatnya si penderita akan mengalami sakit ketika menelan dan badan hangat, serta pegal.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Dokter Rahajeng dari laman
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Meetdoctor menjelaskan, keluhan nyeri menelan disertai demam, mungkin disebabkan oleh faktor infeksi. Terlebih bila keluhan tersebut telah berlangsung hingga tiga hari tanpa perbaikan.


“Jika mengalaminya, untuk sementara, penderita dapat mengonsumsi cukup cairan untuk memerbaiki kelembapan dinding dalam tenggorokan, serta menghindari makanan yang terlalu berminyak, bersantan, karena dapat membuat iritasi tenggorokan,” ujar Rahajeng.


Hindari merokok atau kebiasaan konsumsi alkohol, serta cukupi kebutuhan istirahat agar imunitas tubuh dapat dipertahankan optimal.


Obat penurun demam dapat Anda konsumsi sebagai pertolongan pertama pada demam maupun nyeri menelan. “Namun jangan lupa untuk mengonsultasikan kepada dokter bila keluhan tersebut tidak teratasi dengan cara di atas,” katanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya