Lima Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan

Ilustrasi ayam goreng
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Untuk Anda yang memiliki serangakaian kegiatan dan kesibukkan, waktu memasak adalah momen yang jarang dan sulit ditemukan. Di saat-saat mendesak, beberapa dari Anda akan memilih untuk memanaskan makanan yang sudah dimasak untuk santap makan di hari sebelumnya.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Namun tahukah Anda, ada jenis makanan yang tidak baik bila dipanaskan. Lalu apa saja itu? Simak ulasannya, menurut laman
Awas, Jangan Pernah Konsumsi Bagian Ayam Ini
Boldsky berikut ini.


Ayam


Makanan olahan ayam, adalah makanan yang tidak baik jika dipanaskan, apalagi secara terus menerus. Hal ini karena, panas yang berlebih dapat merubah struktur dan komposisi protein yang terkandung dalam daging ayam. Perubahan komposisi inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan yang membahayakan kesehatan.


Kentang


Ia adalah salah satu asupan pangganti nasi yang memiliki kandungan serat yang baik untuk dikonsumsi. Namun, ternyata bila dipanaskan secara terus menerus, kentang dapat kehilangan nutrisi pentingnya. Bila dipanaskan, sajian kentang bisa berujung pada keluhan dan rasa tak nyaman pada lambung Anda.


Jamur


Mengonsumsi makanan berbahan jamur, haruslah dalam keadaan segar. Karena, jika jamur dipanaskan terus menerus, kandugan protein dalam jamur akan berubah dan nutrisinya berkurang. Yang bahaya, panas berlebih pada jamur, bisa memicu pertumbuhan racun yang memberikan dampak buruk bila Anda memakannya.


Bayam


Sayuran yang satu ini, juga tidak baik bila disajikan dalam keadaan yang sudah dihangatkan. Tak tanggung-tanggung, memanaskan sayur bayam, bisa memberikan risiko kanker pada tubuh. Hal ini karena, kandungan nitrat pada bayam, bila dipanaskan bisa menyebabkan munculnya zat pemicu kanker. Sayur bayam sebaiknya disantap sesegera mungkin setelah disajikan.


Seledri


Anda yang gemar menghangatkan sajian sup, berhati-hatilah. Karena ada salah satu elemen dari sup yang berbahaya bila sering dipanaskan. Bahan tersebut adalah seledri, yang bila dipanaskan bisa menyebabkan perubahan komposisi yang berujung pada gangguan kesehatan. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya