Ini Alasan Mandi Malam Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi bak mandi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
- Pulang ke rumah setelah menjalani serangakaian aktivitas harian, Anda pasti ingin langsung merebahkan diri di kasur dan terlelap hingga esok pagi. Namun sebelum memejamkan mata, sebaiknya sempatkanlah sebentar waktu untuk menikmati waktu mandi, yang ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur.

Mandi Bisa Atasi Gangguan Tidur

Menurut Jessa Gamble, seorang peneliti tentang tidur, mandi di malam hari sebelum tidur, bisa sangat membantu dalam mengoptimalkan tidur di malam hari. "Mandi adalah salah satu cara melemaskan otot dan merelaksasi tubuh setelah melakukan banyak kegiatan di siang hari," katanya. Lalu, bagaimana dengan air yang digunakan untuk mandi, sebaiknya gunakan air dingin atau air hangat?
Serunya Mencicil Hidup Sehat agar Terhindar Risiko Kematian


Dilansir dari laman
Huffington Post
, mandi di malam hari sebelum tidur, sebaiknya menggunakan air hangat. "Air hangat bisa melemaskan otot, dan merontokkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit setelah terkena banyak radikal bebas seharian. Selain itu, air hangat juga bisa mengurangi stres yang terjadi karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk," tambah Jessa.


Sebaliknya, jika Anda mandi dengan air dingin, maka tubuh akan lebih segar dan Anda akan sulit tidur. "Mandi dengan air dingin, mampu meningkatkan kesadaran, mengokohkan sistem imun, dan memperkuat sistem metabolisme. Mandi dengan air dingin boleh saja, namun upayakan temperaturnya tetap membuat tubuh hangat, tidak dingin maupun panas," ungkapnya.


Untuk mendongkrak manfaat mandi air hangat yang Anda lakukan, minumanlah segelas susu hangat sebelum tidur, yang bisa membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak, dan tubuh lebih segar saat bangun. Lakukan juga olahraga yang rutin, agar tubuh lebih sehat dan tidur lebih nyaman.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya