Mandi Bisa Atasi Gangguan Tidur

Mandi air dingin bisa tingkatkan sirkulasi darah.
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

VIVA.co.id - Mandi merupakan aktivitas rutin yang baik dilakukan setiap orang agar dapat memperolah tubuh yang sehat dan segar. Selain itu, kegiatan mandi secara teratur ternyata dapat membuat kualitas istirahat Anda menjadi lebih baik.

Beberapa mitos tentang kegiatan membersihkan tubuh ini memang beragam, salah satunya mengenai mitos negatif tentang mandi malam. Padahal tidak selamanya demikian.

Seperti dilansir dari laman boldsky, ternyata mandi malam dapat mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Berikut ini alasan mengapa mandi di malam hari mampu mengatasi ganguan tidur.

Suhu

Mandi dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat Anda lebih rileks. Tubuh Anda akan lebih nyaman untuk tidur dan ini membantu Anda tidur cepat.

Sirkulasi

Mandi dapat menenangkan otot-otot Anda dan membuat Anda merasa santai. Mandi dengan air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Membersihkan alergen

Alergen di udara yang Anda hirup sepanjang hari dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur. Alergen adalah zat asing nonparasit yang dapat menyebabkan reaksi terhadap kekebalan tertentu ketika masuk ke dalam tubuh. Kondisi yang disebabkan oleh alergen ini disebut alergi. Kegiatan mandi dapat menghindarkan Anda dari alergen, dan membuat napas Anda terasa lebih segar sehingga membuat tidur Anda menjadi lebih baik dan maksimal.

Tungau debu

Ketika kulit Anda kotor atau bersisik, hal itu bisa menarik tungau debu atau kutu kasur menempel di kulit. Ketika mandi, Anda dapat meminimalkan kemungkinan debu tungau untuk menempel di kulit.

Sakit kepala

Sakit kepala di tengah malam dapat disebabkan oleh berbagi alasan. Namun ini berbeda bila Anda mandi dengan air hangat di malam yang dapat meringankan rasa sakit kepala.

Banyak Tidur dan Duduk Sama Bahaya Seperti Mabuk dan Rokok

(mus)

Tidur Sambil Berjalan

8 Fenomena Nyata Tidur Berjalan Paling Unik dan Mengerikan

Beberapa orang didunia pernah mengalami kejadian ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2015