Susu Kedelai, Solusi Tepat untuk Alergi Susu Sapi

Ilustrasi produk susu
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu
- Alergi susu sapi, adalah salah satu jenis alergi yang banyak menimpa balita di Indonesia. Menurut data yang ada, sekitar 1 dari 25 anak di Indonesia, mengalami alergi susu sapi. Hal ini, tentunya sangat memprihatinkan, mengingat alergi ini bisa menganggu proses tumbuh kembang anak. 

Susu Kecoak Bakal Jadi Superfood Selanjutnya
Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), Konsultan Ahli Alergi - Imunologi dari RSCM, alergi susu sapi pada anak, berasal dari kandungan proteinnya yang tidak diterima tubuh sang bayi. "Alergi pada susu sapi bisa dipicu oleh senyawa betalactoglobulin, yang memecah dalam tubuh," ujarnya yang ditemui di acara "Nutritalk: Early Life Nutrition", di Jakarta, Jum'at, 7 Agustus 2015. 

Asupan Sehat Agar Tulang Kuat
Dampak dari alergi ini, menurut Zaki, bisa memicu alergi lain dalam tubuh, seperti asma, eksim, dan penyakit lainnya. "Tanda yang muncul pada bayi biasanya muncul adalah meningkatnya frekuensi tangisan, rewel, regurgitasi (gumoh) dan iritasi pada kulit," ungkapnya menambahkan. Sedangkan faktor risiko dari alergi ini, dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti faktor genetik, lingkungan, dan imunologi dari anak tersebut. 

Salah satu solusi tepat untuk mengatasi alergi susu sapi pada anak, bisa dilakukan dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Susu kedelai, memiliki kandungan protein yang lebih diterima dengan anak yang alergi laktosa susu sapi.

"Pilihlah kedelai yang sudah terformulasi dan disesuaikan dengan kebutuhan sang anak," ujarnya menambahkan. 

Zaki menyarankan agar para orangtua tidak meremehkan gejala alergi pada anak. Karena selain dapat memperlambat proses tumbuh kembangnya, alergi ini juga bisa mengancam kesehatan anak, yang bisa mengancam keselamatannya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya