Waspada, Ini Bagian Tubuh Sarang Kuman dan Bakteri

Ilustrasi bakteri
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kuman danyang berasal dari luar tubuh, berpotensi menyebabkan penyakit dan gangguan kesehatan. Penyebaran kuman dan bakteri ini bisa terjadi bahkan di beberapa bagian tubuh yang terlihat bersih.

Kesalahan Membersihkan Diri yang Bisa Pengaruhi Kesehatan

Lalu, bagian tubuh mana saja yang banyak mengandung dan bakteri? Simak ulasannya dikutip dari Boldsky.

Wajah

Meski terlihat bersih ketika bercermin, namun wajah sejatinya adalah bagian tubuh yang paling banyak mengandung bakteri. Hal ini karena wajah terkena kontak langsung dengan paparan sinar matahari, polusi udara, serta debu dan kotoran dari luar maupun dalam ruangan. Jika tidak rajin dibersihkan, akan terjadi gangguan yang mengganggu panampilan.

Telinga

Rongga telinga, adalah bagian tubuh yang juga berisiko terhadap banyaknya perkembangan kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Namun jangan risau, karena telinga kita memiliki sistem sendiri untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Jangan membersihkan telinga secara kasar, karena bisa menyebabkan iritasi dan gangguan pendengaran.

Kuku

Memercantik penampilan dengan menggunakan cat kuku, adalah hal yang biasa dilakukan para wanita. Namun ketahuilah bahwa, meskipun kuku terlihat cantik dan menawan, tetap saja kuku Anda bisa menjadi sarang kuman berbahaya. Untuk itu pastikanlah rajin mencuci tangan dan menyikat kuku, agar kecantikan berbanding lurus dengan kesehatan.

Pusar

Meski jarang sekali terbuka atau mengenai kontak dengan kotoran dari luar tubuh, namun pusar, bisa juga menjadi tempat terjorok dalam tubuh. Bakterinya, tidak terlihat secara kasat mata, sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika membicarakan tentang kebersihannya. 

Enam Bakteri Paling Mematikan di 2015

Baca juga:

Teknik cuci tangan efektif hasil studi Glasgow Caledonian University, Skotlandia.

Ini Cara Cuci Tangan Paling Efektif Bunuh Bakteri

Ada enam teknik mencuci tangan yang benar.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016