Riset: Keguguran Berdampak pada Kehamilan Selanjutnya

Mengatasi Nyeri Pinggul pada Wanita Hamil
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pengeluaran Hemat untuk Ibu Hamil
- Menjadi calon ibu, adalah anugerah terbaik bagi wanita, dengan harapan dapat menjadi ibu yang baik serta membesarkan anak yang

Peran Penting Suami Saat Istri Hamil

Namun, beberapa harapan tersebut harus kandas, karena gangguan pada janin yang membuat calon ibu Selain menurunkan mental sang ibu, keguguran ternyata bisa juga berdampak pada kelancaran kehamilan selanjutnya.
Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil


Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang pernah mengalami setidaknya satu kali kegagalan dalam kehamilan (seperti keguguran maupun aborsi), akan memiliki 30 persen risiko mengalami gangguan pada kehamilan selanjutnya.


"Masalah-masalah tersebut di antaranya, persalinan induksi, persalinan secara caesar, serta kurangnya air ketuban pada janin," ujar dr. Liran Heirsch, peneliti dari Tel Aviv University, Israel.


Dilansir dari
Daily Mail,
hasil penelitian yang dinyatakan Liran, ia peroleh setelah melakukan pengamatan pada 15.000 proses kelahiran yang ada di salah satu rumah sakit di Israel, dalam kurun waktu 5 tahun.


"Mereka yang pernah mengalami keguguran, cenderung memiliki kondisi kandungan yang lebih rentan dari yang belum pernah kehilangan calon bayinya," ungkapnya.


Yang memengaruhi gangguan kehamilan dan masalah pada proses persalinan, adalah usia dan keadaan fisik dari sang calon ibu. "Sebanyak 25 persen ibu yang di-caesar, adalah ibu yang berusia lebih tua," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya