Hati-hati, Diet Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Air hangat dengan irisan lemon
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Detox Diet, adalah nama diet yang kini sedang digandrungi oleh sederet selebriti Hollywood, sekelas Gwyneth Paltrow, Jennifer Aniston, dan Claudia Schiffer. Diet detoksifikasi ini diakui bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan

Namun ternyata, diet ini memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan gigi. Bagaimana bisa?

Memulai hari dengan perasan lemon yang dicampurkan dengan air hangat, adalah salah satu kebiasaan yang dijalani oleh mereka yang menjalankan diet detoks. Kebaikan air lemon, dipercaya dapat membersihkan racun tubuh dan membuat tubuh lebih segar.

Cara Nadia Mulya Turunkan Bobot Tubuh Pasca Melahirkan

Namun, ternyata minuman ini juga bisa memberikan dampak buruk, yakni untuk kesehatan gigi. Dilansir dari laman Daily Mail, tingkat keasaman pada lemon dan temperatur air hangat, adalah asal muasal bahaya dari kerusakan pada gigi. 

"Tingkat keasaman pada buah lemon, terbukti 2 sampai 3 kali lebih tinggi dari buah lain. Tentunya hal ini bisa menyebabkan gangguan pada gigi, apalagi bila dicampur dengan air hangat yang juga bisa merusak lapisan gigi," ujar Dr. Nigel Carter, dari British Dental Health Foundation. 

3 Hal Penting Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Lebih jauh, Nigel menjelaskan, meminum air lemon hangat, bisa menyebabkan terjadinya erosi pada gigi. 

"Dampaknya ditandai dengan perubahan warna pada gigi, dan menipisnya lapisan gigi dalam jangka panjang," ujarnya. 

Namun demikian, menurut Nigel, Anda tetap bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dari lemon, dengan menyiasati konsumsi minuman ini.

"Gunakan sedotan ketika meminum minuman ini, agar gigi tidak terkena kontak langsung dengan asam dan hangat air lemon," kata dia.

Dengan begitu, sehat tetap didapat, gigi tetap selamat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya