Terlalu Banyak Antibiotik, Tingkatkan Risiko Diabetes

Ilustrasi Diabetes.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Antibiotik, adalah resep utama yang sering dituliskan dokter kepada orang yang mengidap penyakit berasal dari bakteri. Dengan meminum antibiotik, mikroorganisme jahat dalam tubuh hilang dan tubuh jadi sehat. Namun, obat ini ternyata juga menyimpan efek samping yang cukup mencengangkan.

Baca juga:

Sebuah penelitian menemukan fakta, mengonsumsi antibiotik dalam jangka panjang, dapat berujung risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. "Antibiotik berfungsi untuk membunuh bakteri jahat dalam tubuh, namun terkadang banyak kandungan bakteri baik, yang salah satunya terdapat di lambung yang ikut terbunuh," ujar salah seorang peneliti, dr. Kristian Mikelsen.

Dokter Filipina Temukan Obat Diabetes dalam 5 Menit

Dilansir dari Daily Mail, setelah meneliti lebih dari 1 juta penduduk di Denmark, diketahui bahwa seseorang yang mendapatkan resep antibiotik lebih dari 5 kali, memiliki risiko terkena diabetes 53 persen.

"Bakteri baik yang tak sengaja dibunuh oleh antibiotik, memengaruhi keoptimalan penyerapan gula dalam tubuh, serta mengganggu sistem metabolisme yang semakin meninggikan risikonya," ujarnya menambahkan.

Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin

Angka risiko diabetes yang disebabkan konsumsi antibiotik ini juga menjadi sorotan beberapa ahli lain seperti Professor Judi Lindsay, dan Professor Mark Wilcox, yang menggarisbawahi pengurangan resep antibiotik, agar tidak disalahgunakan dan menyebabkan risiko penyakit lain yang berbahaya.

(mus)

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Diabetes
oat meal.

Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes

Anak penderita diabetes membutuhkan perhatian khusus.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016