Riset: Orang Depresi Berpotensi Bunuh Diri

Depresi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sebuah penelitian menyatakan, orang yang depresi memiliki kemungkinan 50 persen untuk bunuh diri. Riset ini dilakukan oleh European College of Neuropsychopharmacology (ECNP) yang menyimpulkan, bahwa ada pola tertentu yang menandakan orang depresi yang akan bunuh diri.

Baca juga:

Dikutip dari BBC, data WHO menyebut, ada lebih dari 800 ribu orang bunuh diri di tahun 2012. Sementara, ECNP menyatakan, dari 2,811 pasien yang menderita depresi, 628 orang coba mengakhiri nyawanya. Oleh karena itu, orang-orang depresi yang telah memiliki tanda-tanda ini, harus segera ditolong oleh orang di dekatnya.

Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi

Salah satu peneliti dari ECNP, dr Dina Popovic menjelaskan, ada beberapa gejala yang cukup terlihat. Misalnya kelakuan yang mulai kacau, tidak fokus saat mengemudi, sering mondar-mandir di ruangan tertutup, dan kerap meremas-remas tangan sendiri secara konstan.

Paul Farmer, dari Mind, sebuah lembaga kesehatan mental menjelaskan, bahwa ada 6000 orang di Inggris Raya bunuh diri, tanpa diketahui alasannya. Ia melihat, hasil riset yang ditemukan ECNP tentu akan membantu banyak orang, yang keluarganya depresi dan memiliki gejala bunuh diri. Hasil penelitian ini telah dipresentasikan di konferensi ECNP, yang digelar di Amsterdam, beberapa hari lalu.

Hilangkan Depresi dengan Lari

(mus)

Bunuh Diri Menurut Islam Serta Penyebabnya

Hukum Bunuh Diri Menurut Islam

Bunuh diri adalah tindakan keji yang dilarang Allah SWT.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016