Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

gigi
Sumber :
  • Liveman

VIVA.co.id - Dalam istilah kedokteran, karang gigi juga biasa disebut dengan plak, yaitu semacam kotoran yang menempel pada gigi, sehingga menimbulkan adanya sisa-sisa makanan yang melilit pada gigi.

10 Cara Mengatasi Gigi yang Sensitif

Sebagian orang, mungkin tidak terlalu memperdulikan dengan masalah karang, atau plak pada gigi. 

Tetapi, tahukah Anda bila hal tersebut dibiarkan terus menerus akan berakibat fatal. Karang yang telah mengeras dapat menyebabkan kanker mulut dan memicu tumbuhnya sel kanker.  
Mana Lebih Baik, Siwak atau Sikat Gigi?

Banyak cara untuk menghilangkan karang tersebut, seperti dengan melakukan cara alami. Berikut ini, beberapa cara alami menghilangkan karang gigi dilansir Boldsky.
Jangan Sikat Gigi Setelah Sarapan, Ini Alasannya

Bawang putih

Hancurkan 3-4 siung bawang putih dan tambahkan satu sendok makan lemon aduk hingga merata. Terapkan campuran tersebut pada gigi sambil di sikat dengan sikat gigi. Pasta tersebut akan membantu menghilangkan karang secara alami.

Stroberi 

Stroberi adalah bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan gigi secara alami. Anda dapat memijat gusi dan gigi dengan potongan stroberi segar. Jangan lupa untuk berkumur dengan air hangat setelah itu.

Bunga delima

Haluskan bunga delima dan tambahkan sejumput garam hitam yang telah ditambahkan dua tetes air. Gunakan pasta ini, sebagai pasta gigi Anda selama dua kali sehari. Cara ini dapat membantu untuk menghilangkan plak secara alami tanpa bantuan dokter gigi.

Baking soda

Baking soda adalah salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk menyingkirkan plak. Anda perlu menggosok gigi dengan soda dan biarkan mulut Anda terbuka selama dua menit. Kemudian, sikat gigi Anda, dalam waktu singkat karang pada gigi akan menghilang.

Kenari

Hancurkan buah kenari hingga menjadi sebuah pasta. Gosok pasta tersebut pada gigi selama dua menit. Setelah itu, kumur-kumur dengan air hangat. 

Makan apel

Menggigit apel dapat membantu Anda untuk menghilangkan karang secara alami. Di sisi lain, hal ini juga dapat membantu untuk memperkuat gigi dan mencegah gusi berdarah.

Kulit jeruk

Hancurkan kulit jeruk dan campurkan dengan satu sendok teh perasan lemon. Kemudian, gosok ke dalam gigi untuk menghilangkan plak secara alami. Lakukan proses ini selama dua kali seminggu. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya