Lima Vitamin Terbaik untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

ilustrasi gigi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Makanan dan Minuman Berbahaya Bagi Gigi Anak
- Menjaga gigi tetap kuat dan sehat tidak cukup hanya dengan rajin mengonsumsi suplemen kalsium. Sebab, diperlukan nutrisi dan berbagai vitamin, agar gigi dan gusi tidak rentan rusak.

Lima Cara Ini Sembuhkan Gusi Berdarah

Selain itu, kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai gangguan yang lebih luas pada kesehatan organ mulut. Berikut, beberapa vitamin yang baik untuk gigi dilansir dari laman
Ini Dua Penyakit Gusi yang Wajib Diwaspadai
Boldsky.

Vitamin A


Ia dapat berperan penting dalam pembentukan jaringan ikat dari tulang lunak yang hadir dalam gusi. Sehingga dapat membuat gusi lebih sehat dan mempertahankan aliran saliva dalam mulut. Beberapa sumber utama vitamin A adalah sayuran berdaun hijau, wortel, mangga, kentang dan minyak ikan.


Vitamin B


Dapat meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain itu, vitamin B dapat mengurangi peradangan pada lidah dan sariawan. Vitamin B bisa ditemukan pada kacang-kacangan, daging, dan sayuran hijau.


Vitamin C


Vitamin C dipercaya dapat memperkuat gusi dan membuatnya lebih tahan terhadap serangan bakteri. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Kekurangan vitamin ini menyebabkan peradangan dan perdarahan gusi. Beberapa sumber vitamin C adalah melon, jambu biji, paprika merah, dan jeruk.


Vitamin D


Ia membantu penyerapan kalsium dan elemen penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sebuah jumlah yang baik dari vitamin D menguatkan gusi dan mengurangi risiko gingivitis. Makanan yang kaya vitamin D adalah telur, susu dan ikan.


Vitamin K


Penting untuk pembekuan darah. Defisiensi vitamin K adalah salah satu penyebab utama gusi bengkak dan berdarah. Akibatnya kesehatan mulut bisa menjadi buruk tanpa vitamin ini. Makanan yang memiliki sumber vitamin K yaitu kedelai dan sayuran hijau. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya