Waktu Tepat ke Dokter saat Radang Tenggorokan

Ilustrasi radang tenggorokan.
Sumber :
  • http://www.siklusdunia.com

VIVA.co.id - Perubahan cuaca yang cukup drastis membuat orang mudah terkena radang tenggorokan. Penyakit ini sangat umum ditemui di Indonesia, meskipun obatnya juga mudah diperoleh.

"Gejala awalnya itu nyeri, seperti ada rasa nyangkut di tenggorokan, lama-lama sakit saat menelan. Air ludah semakin banyak, dan lebih jauh bisa mengalami demam meriang," ujar Dokter Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT), Dr. Marlinda Adham Sp.THT-KL, dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 5 April 2016.

Meski merupakan penyakit umum diketahui masyarakat, termasuk cara pengobatannya, namun Anda harus mencurigai penyebab demam yang diderita. Apakah demam karena sariawan, amandel, atau sakit batuk, pilek dan agak radang atau karena penyebab lainnya, lantaran kebanyakan tidak menyadarinya.

"Sebab kalau radang biasa akan sembuh dalam 1 hingga 2 hari, demam terjadi antara 37 hingga 38 derajat celsius. Cara meredakannya bisa dengan berkumur, atau paracetamol jika panas, hindari perokok aktif, dan kurangi minum dingin," saran dia.

Sementara yang perlu diwaspadai adalah saat radang tidak kunjung sembuh setelah hari kelima diderita maka harus segera pergi ke dokter.

"Kalau demam lebih dari 39 derajat celsius, dan sampai tidak mau makan, perlu dicurigai apakah amandel, ada bisul, atau ada nanah bengkak, itu berarti ada sumbatan di jalan napas, dan harus dirawat, untuk mendapat antibiotic oral, bukan yang biasa," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika demam lebih dari lima hari dan sudah diberi obat penurun panas, antibiotik, namun tetap tidak reda maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan, periksa laboratorium dan foto dada.

Sebagai informasi, biasanya infeksi melibatkan jaringan lain, yang pada prinsipnya, infeksi itu karena kuman yang masuk ke dalam tubuh, bisa melalui rongga mulut, saluran kemih, lubang hidung.

"Kalau seperti itu masih bisa diobati dengan obat biasa," ujarnya.

Sementara gejala yang terlihat saat terjadi infeksi, seperti batuk, pilek, lendir kental, tidak bisa buang ludah, telinga tertutup. Kalau sudah seperti ini maka harus segera minum obat, yang disesuaikan dengan gejala yang ditimbulkan.
 

Cara Ampuh Mengobati Masalah Peradangan
Ilustrasi minum

Cuaca Panas, Ini Cara Hadapi Radang Tenggorokan

Sebenarnya untuk mencegah radang sangat mudah, obati saja gejalanya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016