Lima Manfaat Bayam bagi Tubuh

Ilustrasi bayam.
Sumber :
  • Pixabay/kkolosov

VIVA.co.id – Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang tidak hanya enak rasanya, tapi memiliki banyak manfaat kesehatan. Karena bayam kaya akan vitamin, pigmen, mineral, dan fitonutrien. Bayam juga dianggap sebagai makanan super yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori.

6 Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Bisa Kembalikan Energi Tubuh

Konsumsi bayam membantu tubuh menjadi lebih sehat dalam beberapa cara. Berikut lima manfaat bayam bagi tubuh manusia, seperti dilansir laman Boldsky.

Pertama, zat besi yang terkandung dalam bayam membantu meregenerasi sel-sel darah merah serta memperbanyak darah.

New Normal, Chef Chitra PeDe Buka Resto Sehat

Kedua, tingginya tingkat alkalinitas dalam bayam membantu untuk melawan rheumatoid arthritis dan asidosis. Sementara itu, vitamin C yang ada dalam sayuran ini, memberikan perlindungan terhadap gusi berdarah.

Ketiga, bayam mengurangi risiko aterosklerosis dengan bantuan antioksidan dan asam folat yang terkandung di dalamnya. Sementara itu, klorofil dan flavonoid yang ada dalam bayam, mencegah dan melawan pembentukan sel-sel kanker.

Konsumsi Lima Makanan Berikut untuk dapat Energi Ekstra

Keempat, tingginya kandungan karotenoid serta vitamin A dalam bayam, dapat mencegah gangguan penglihatan seperti katarak dan kebutaan, gatal, bisul mata serta mata kering. Sifat anti-inflamasi pada bayam juga membantu mengurangi bengkak atau iritasi di mata. 

Kelima, bayam juga sangat baik untuk ibu hamil, karena menyediakan nutrisi untuk perkembangan janin yang sehat. Folat yang ditemukan dalam bayam mencegah cacat lahir pada bayi.

Selain itu, vitamin A dalam bayam sangat bermanfaat untuk perkembangan paru-paru janin. Dan yang paling penting, bagi ibu menyusui, bayam sangat baik karena dapat meningkatkan kualitas Air Susu Ibu (ASI). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya