Nutrisi Seimbang untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Ilustrasi makanan lebaran
Sumber :
  • REUTERS/Stefanie Loos

VIVA.co.id – Salah satu ahli gizi memaparkan beberapa cara untuk menjaga nutrisi seimbang selama berpuasa. Ia mengatakan, dengan mematuhinya maka bisa menjaga kerampingan dan kesehatan tubuh.

New Normal, Chef Chitra PeDe Buka Resto Sehat

"Sebaiknya makan sahur dengan makanan yang seratnya tinggi misalnya gandum dan nasi merah," ujar Jocelyn Halim, ahli gizi yang juga direktur dari Slim Gourmet, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, serat yang tinggi mampu membuat rasa kenyang menjadi tahan lama. Selain itu, ia menyarankan agar menghindari makanan yang pedas dan asin.

Gudang PT Garam di Gresik Digerebek Mabes Polri

"Hindari makanan tersebut karena akan sering membuat rasa haus lebih terasa," tambahnya.

Tidak jauh-jauh dari kecukupan cairan dalam tubuh, untuk berbuka puasa juga disarankan meminum air mineral terlebih dahulu. Ia berujar, saat puasa harus perkaya tubuh dengan cairan yang mencukupi.

Cara Kendalikan Asupan Garam pada Anak

"Saat berbuka minum satu gelas air mineral dulu. Baru perlahan-lahan takjil. Tunggu beberapa saat untuk makan besar," paparnya.

Dengan makan secara perlahan, diakuinya membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Ia berharap dengan lebih memperhatikan hal-hal tersebut, ibadah berpuasa jadi semakin membuat tubuh sehat.
 

Ilustrasi menu untuk buka puasa bersama umat muslim.

6 Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Bisa Kembalikan Energi Tubuh

Kita akan memasuki bulan Ramadhan dan menjalani ibadah puasa, setelah menjalani puasa selama satu hari, kamu perlu menyiapkan makanan Sehat untuk berbuka puasa

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2023