Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Berbuka dengan Air Dingin

Ilustrasi Air Es
Sumber :
  • Pixabay/ Colin Behrens

VIVA.co.id – Minuman dingin yang menyegarkan sering menjadi pilihan jamak umat Muslim untuk mengobati rasa haus usai menjalani puasa selama 12 jam lebih.

Deretan Hadis Dhaif yang Beredar Seputar Ramadhan

Minuman yang ditambah dengan es, memang akan terasa menyegarkan  ketika mengalir di tenggorokan. Namun, tahukah Anda, langsung mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa tak baik untuk kesehatan tubuh?

dr. Setiyo dari MeetDoctor pun menjelaskan bahwa minuman yang terlalu dingin akan membuat kerja lambung lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh. Terlebih lagi, perut telah lama tidak terisi makanan ataupun minuman saat puasa. Lambung pasti akan kaget ketika menerima air es.

Empat Tempat Hiburan di Semarang Ini Disegel Karena Bandel

Hal itu bisa mengakibatkan perut terasa kembung atau penuh. Untuk berbuka puasa, sebaiknya dahulukan minum air putih yang tidak dingin. Setelah itu, bisa konsumsi minuman yang manis atau dengan camilan yang manis, seperti kurma.

"Lebih baik air putih hangat. jangan yang dingin dan juga jangan yang terlalu panas. Dengan air hangat, dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh," kata Setiyo.

Ngeri, Puasa Ramadhan Seumur Hidup Bisa Tak Dapat Pahala, Jika…

Setiyo juga memberikan tips, agar saat puasa tubuh tidak terlalu lemas, sebaiknya, mereka yang berpuasa tetap menjalankan pola hidup sehat seperti layaknya di bulan-bulan yang lain. Tidak terlalu banyak perubahan. Niat adalah yang paling penting.

“Jika kita sudah meniatkan dari awal untuk berpuasa, maka mudah-mudahan tubuh kita akan selalu sehat dan bugar. Dan juga, jaga mindset kita selalu berpikiran positif, maka semua kegiatan kita akan positif,” ujarnya.

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Ramadhan tahun 2030 akan berlangsung dua kali setahun. Ibadah wajib ini akan dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam pada awal dan akhir tahun. Ini penjelasannya.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024