Kapan Anak-anak Wajib Diajarkan Puasa Ramadhan? Ini Penjelasan Habib Taufiq

Pimpinan Rabitah Alawiyah, Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf mengatakan, puasa Ramadhan merupakan amalan wajib untuk orang beriman yang telah baligh dan berakal.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

“Puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib, wajibnya hanya kepada orang beriman yang telah baligh dan berakal,” kata Habib Taufiq di YouTube Sunsal Media.

Lantas, kapan waktu yang tepat bagi orang tua mendidik anak-anaknya puasa di bulan Ramadhan?

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Ilustrasi anak berpuasa.

Photo :
  • muslimvillage.com

Kepada orangtua yang ingin mengajarkan anak untuk berpuasa Ramadhan, Habib Taufiq menyarankan agar dimulai saat anak berusia 7 tahun.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

“Anak kecil wajib dibimbing puasa mulai umur 7 tahun. Dibimbing, dengan puasa sampai zuhur dulu, nanti kalau sudah kuat sampai ashar, yang penting dididik,” sambungnya dilihat Rabu, 28 februari 2024.

Dalam proses belajar, Habib Taufiq mewanti-wanti orang tua agar tidak memaksa anak berpuasa sampai waktu maghrib. Karena, dikhawatirkan dapat membuat anak merasa keberatan.

“Jangan langsung dipaksa sampai maghrib, bisa kelenger dia nanti,” imbuhnya.

Ilustrasi anak tidak mau makan.

Photo :
  • Ist.

Sama halnya dengan puasa, anak-anak juga wajib dibimbing untuk mengerjakan salat lima waktu ketika usia mereka telah memasuki tujuh tahun.

“Tapi (mereka, anak-anak) belum wajib untuk puasa dan salat, cuma yang wajib adalah bapak dan emaknya mengajari mereka,” demikian Habib Taufiq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya