Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Parenting – Sarapan dengan gizi seimbang menjadi langkah awal yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya, kegiatan sarapan belum menjadi kebiasaan rutin setiap keluarga di Indonesia.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Terlebih, kondisi terkini mengungkap bahwa 8 dari 10 anak Indonesia masih kekurangan asupan Omega 3. Padahal faktanya, Omega 3 dan Omega 6 telah terbukti secara ilmiah memiliki korelasi yang erat dalam mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Hasil studi Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) menemukan bahwa 60 persen anak Indonesia tidak sarapan sebelum berangkat sekolah. Selain itu, berdasarkan data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020, sebanyak 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah dan belum terpenuhi asupan vitamin dan mineralnya. 

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Menyikapi fakta tersebut, Ahli Gizi, Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D, mengungkapkan, kondisi ini tentunya perlu disikapi bersama. Kondisi ini dapat berpotensi memengaruhi proses tumbuh kembang anak dan penyerapan ilmu di sekolah. 

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

"Anak pada usia sekolah memerlukan asupan padat gizi, terutama pemenuhan kebutuhan lemak esensial omega 3 dan 6. Lemak esensial ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta menekan depresi dan kecemasan," ujar Esti dalam keterangannya, dikutip Selasa 27 Februari 2024. 

"Selain itu, asupan lemak esensial juga membantu menjaga daya visual anak, yang penting dalam proses belajar di sekolah. Oleh karena itu, memastikan anak-anak mendapatkan sarapan yang kaya akan zat gizi menjadi sangat penting untuk mendukung perkembangan dan prestasi akademik mereka,” sambungnya.

Sejalan dengan semangat Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap 14-20 Februari, program Sarapan Lezat Bernutrisi diselenggarakan sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya sarapan bergizi, rutin dan berimbang dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia.

Presiden Direktur PT Upfield Consulting Indonesia, Dicky Saelan menjelaskan, program Sarapan Lezat Bernutrisi dari BlueBand ini bertujuan untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat secara konsisten, terutama para ibu akan pentingnya sarapan dengan gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak yang optimal. 

"Terlaksananya program Sarapan Lezat Bernutrisi, sejalan dengan visi perusahaan secara global dalam hal mendorong berbagai perubahan positif di masa depan, termasuk memerangi permasalahan gizi pada anak Indonesia. Tahun ini BlueBand berkomitmen untuk mengedukasi 500 ribu anak di berbagai wilayah di Indonesia, dalam periode Januari – Desember 2024,” jelas Dicky.

Dalam pelaksanaannya, program Sarapan Lezat Bernutrisi ini disampaikan secara online maupun offline dengan mengunjungi berbagai sekolah di wilayah Indonesia. Juga, membagikan booklet inspirasi menu 21 hari sarapan berisi yang dilengkapi dengan bantuan materi edukasi seperti komik dan permainan, sehingga anak-anak pun bisa mendapatkan pengetahuan mengenai makanan bergizi dan pentingnya sarapan setiap hari dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. 

Ade Savitri selaku Marketing Director PT Upfield Consulting Indonesia menambahkan, BlueBand juga menghadirkan produk terbaru, yakni BlueBand Kuliner yang merupakan inovasi terbaru sebagai solusi praktis para Ibu dalam menyajikan sarapan lezat dan penuh nutrisi.

"BlueBand Kuliner hadir dengan 2 varian rasa menarik yaitu Ayam Bawang dan Sapi BBQ. BlueBand kuliner sangat cocok digunakan untuk memasak berbagai macam masakan yang pastinya disukai anak, seperti mi goreng, nasi goreng, tumis daging dan tumis sayur dengan rasa enak dan gurih, sehingga menjadi favorit keluarga. Selain itu, produk ini tentunya juga dilengkapi dengan banyak nutrisi seperti Omega 3 dan 6, serta 6 vitamin lainnya, dan bisa menambah cita rasa dan aroma masakan,” jelas Ade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya