Ketahui Bahaya Vaksin Palsu untuk Anak

anak-anak afghanistan menerima vaksin polio
Sumber :
  • REUTERS/Parwiz

VIVA.co.id – Jajaran Subdit Industri dan Perdagangan (Indag), Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Badan Reserse Kriminal Mabes Polri berhasil mengungkap tempat pembuatan vaksin bayi palsu di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kabar ini mengejutkan publik dan menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Banyak yang khawatir tentang efek dari vaksin palsu, bila memang vaksin tersebut masuk ke dalam tubuh. Menanggapi kasus ini, Vaksinolog lulusan University of Siena, Italia, dr Dirga Sakti Rambe menjelaskan, efeknya bisa sangat berbahaya saat vaksin palsu itu disuntikkan ke dalam tubuh.

"Tapi ini tergantung isinya, tadi yang saya dengar isi dari vaksin palsu ini campuran cairan infus dan antibiotik. Tentu ini tidak steril," katanya saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 22 Juni 2016.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Untuk cairan yang tidak steril, katanya, jika masuk ke dalam tubuh, efeknya bisa menimbulkan demam hingga infeksi berat. "Bisa jadi vaksin palsu ini mengandung bakteri jadi bisa menimbulkan demam bahkan infeksi berat," katanya.

dr Dirga pun menyatakan, bahwa sesungguhnya, kasus vaksin palsu bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Sebelumnya, Mei 2016, juga sempat ditemukan vaksin palsu beredar di masyarakat. Bahkan 2011 lalu, juga sempat beredar vaksin palsu di Jawa Timur.

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival

Dia pun meminta masyarakat untuk berhati-hati saat melakukan vaksin. Akan lebih baik,dia menyarankan, untuk melakukan vaksin di rumah sakit atau pun di tempat-tempat resmi termasuk Puskesmas.

"Jadi nggak perlu terlalu khawatir jika Anda memberikan vaksin untuk anak atau keluarga di tempat yang terpercaya," katanya.

Pekan Imunisasi Dunia 2024

Cakupannya Menurun, Kemenkes Imbau Lengkapi Vaksinasi Anak-anak hingga Orang Dewasa

Kementerian Kesehatan dan empat Asosiasi Medis bersama dengan GSK Indonesia, menekankan pentingnya vaksinasi lengkap bagi seluruh kelompok usia.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024