Enam Manfaat Kesehatan dari Pelukan Hangat

Wanita mengungkapkan perasaan pada kekasihnya.
Sumber :

VIVA.co.id – Setiap kali memeluk orang-orang tersayang, Anda merasa lebih bahagia dan aman. Ketika ibu memeluk Anda erat, Anda akan merasa lega. Ketika ayah memeluk, Anda merasa bangga. Ketika pasangan memeluk, Anda merasa seperti di puncak dunia. 

Kisah Dokter Zaidul Akbar Tentang Pelukan yang Hilang, Apa Maknanya?

Jadi, mengapa Anda selalu merasa positif ketika berpelukan? Apakah ada manfaat kesehatan ketika memeluk seseorang? Jawabannya adalah ada.

Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ada beberapa alasan mengapa Anda harus sering memeluk. Ini adalah sebuah solusi dari masalah Anda yang bisa memberikan getaran positif.

Banyak Gen Z yang Minat, Wanita Ini Dibayar Jutaan Rupiah untuk Pelukan

Tidak hanya bisa membuat perasaan menjadi baik, memeluk juga mempunyai manfaat kesehatan, berikut manfaatnya, seperti dilansir laman Boldsky.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bahas Manfaat Berpelukan, Zaidul Akbar: 8 Kali Sehari Buat Maintenance 4 Kali Survival

Pelukan hangat dapat mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dengan demikian, Anda dapat mencegah penyakit. Tidak hanya itu, memeluk juga membantu dalam mengurangi rasa sakit, memberikan energi dengan orang dengan kanker, dan juga membantu bayi prematur untuk tumbuh normal.

Merasa baik

Manfaat kesehatan dari memeluk salah satunya adalah merasa baik. Ketika memeluk, tubuh melepaskan kimia dalam otak yang dikenal dengan oksitosin. Ini adalah neuropeptide yang membuat Anda merasa dicintai dan dipercaya. Secara keseluruhan, Anda merasa baik ketika memeluk.

Meningkatkan percaya diri

Ini adalah fakta yang sudah terbukti, terutama dalam anak-anak. Ketika Anda memeluk anak-anak, mereka merasa dicintai dan layak mendapatkan perhatian Anda. Ini dapat membangun percaya diri pada mereka, yang membantu dalam tumbuh kembang mereka. Di masa depan, percaya diri ini akan membantu mereka dalam berbagai permasalahan.

Mengangkat suasana hati

Ini adalah salah satu alasan terbaik mengapa Anda butuh pelukan. Ketika orang sedang merasa tidak senang dan orang-orang tersayang memeluk, Anda akan merasa bahagia dan lupa dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Hal ini terjadi karena, memeluk menaikkan tingkat serotonin atau tingkat hormon bahagia.

Menurunkan tekanan darah

Seiring dengan memberikan obat, pelukan dapat menjaga tekanan darah di bawah kontrol. Ketika Anda memeluk mereka dengan penuh kasih sayang, reseptor tekanan menjadi diaktifkan oleh sensasi dan mengirimkan sinyal ke saraf Vagus yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Baik untuk jantung

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa pelukan hangat dan ketat, menjaga detak jantung normal. Ini adalah salah satu alasan yang paling penting mengapa Anda membutuhkan pelukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya