Bahas Manfaat Berpelukan, Zaidul Akbar: 8 Kali Sehari Buat Maintenance 4 Kali Survival

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Lifestyle – Dokter sekaligus pendakwah, Zaidul Akbar membagikan tips kesehatan yang cukup nyeleneh hingga ramai dikomentari netizen. Tidak seperti biasanya ketika Ustaz Zaidul Akbar membuat tips-tips seputar mengobati penyakit atau memaparkan khasiat tanaman herbal, kali ini Zaidul Akbar memberikan penjelasan soal manfaat berpelukan.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Siapa sangka, kontak fisik antara manusia dengan manusia yang lain ini ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh maupun mental. Dokter Zaidul Akbar menjelaskan lewat unggahan di Instagramnya, ada dosis tertentu untuk melakukan pelukan agar hasilnya bisa dirasakan. Scroll untuk info selengkapnya.

"Sehari minimal 8x untuk maintenance. 4x sehari bermanfaat buat survival," katanya, dikutip Selasa 10 Oktober 2023.

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun

Semakin banyak melakukan pelukan, maka akan semakin banyak juga manfaat yang dirasakan. Mulai dari memperkuat sistem imun tubuh hingga memperbaiki suasana hati yang membuat pelakunya merasakan ketenangan.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

"12x bermanfaat buat pertumbuhan, Menguatkan sistem kekebalan tubuh, Menguatkan perasaan dan mengasahnya, Meningkatkan hormon oksitosin yang menghilangkan perasaan sedih, kesendirian, terisolasi dan kemarahan," jelasnya.

Akan tetapi, Zaidul Akbar menekankan bahwa aktivitas ini hanya boleh dilakukan bersama orang yang sudah muhrim seperti keluarga. Pasalnya dalam ajaran agama Islam, bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnya akan menimbulkan dosa.

"Lakukan itu pada anak, suami atau istri, orang tua," katanya.

“Namanya Pelukan," sambungnya.

Lebih lanjut, dokter Zaidul Akbar juga melontarkan guyonan bagi siapapun yang belum memiliki pasangan untuk dipeluk bisa mencoba memeluk pohon-pohonan.

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • pixabay

"Oh ya.. kalo memang belum ada yang bisa dipeluk, mungkin pohon bs jd pilihan… pisang.. mangga.. duren atau rambutan.. ato poon kunyit, sereh, jahe, sekalian dipanen gitu biar ga meluknya di tanah," tandasnya.

Melansir Healthline, menurut para ilmuwan, manfaat berpelukan lebih dari sekadar perasaan hangat yang dirasakan saat memeluk seseorang tetapi ada banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Pertama, berpelukan bisa mengurangi stres karena menjadi wujud pemberian dukungan pada orang lain. Lalu, berpelukan juga bisa melindungi dari berbagai penyakit karena meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan kinerja jantung, membuat orang lebih bahagia dan bisa melawan rasa takut, serta sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya