Terinspirasi dari Hewan, Gerakan Yoga Ini Cocok untuk Anak

ilustrasi orangtua dan anak olahraga.
Sumber :
  • pixabay/ skezee

VIVA.co.id – Senam yoga, ternyata tidak hanya untuk orang dewasa, Senam yang memfokuskan pada gerakan peregangan otot ini, ternyata juga cocok dilakukan oleh anak-anak. Intinya, gerakan yoga melatih fleksibilitas dan kekuatan otot. Meskipun diyakini terlalu sulit dilakukan, apalagi untuk anak-anak. Namun, ada beberapa pose yang cocok dilakukan untuk si kecil.

3 Gerakan Yoga dan Latihan Pernapasan untuk Bersihkan Diri dari Polusi

Enam pose yoga berikut ini sangat mudah dan menarik karena terinspirasi dari binatang yang menyenangkan mulai dari katak hingga onta, seperti dilansir dari laman Todaysparent.

1. Ular

5 Gerakan Yoga Sederhana yang Bisa Dilakukan Bagi Pemula

Pose ini dimulai dengan posisi tengkurap, di mana kaki, betis, dan perut menempel di lantai, namun pergelangan tangan diletakkan di belakang punggung. Posisi telapak tangan dan jari-jari terkunci, naikkan dada sedikit dari lantai dan terbentuklah pose ular yang sedang berdiri diam.

2. Flaminggo

6 Pose Yoga Bisa Bikin Kulit Cerah dan Glowing

Burung flaminggo terkenal dengan posenya yang berdiri dengan hanya satu kaki. Pose dimulai dengan berdiri pada dua kaki secara bersamaan.

Angkat lengan seperti sayap, kemudian angkat perlahan kaki kiri dan arahkan ke belakang. Lakukan secara berulang dengan mengganti kaki yang berbeda.

3. Onta

Menumpukkan berat badan pada lutut, dan tarik kepala hingga pinggang ke arah belakang. Tempatkan tangan di pinggang dan ambil nafas dalam-dalam.

Saat menghembuskan nafas, tarik bagian pinggang ke arah belakang. Kemudian, kembali posisi semula dan tempatkan tangan di area telapak kaki, lalu ulangi mengambil nafas dalam.

4. Katak

Ambil pose khas katak yang sedikit jongkok dengan bagian kaki melebar ke arah samping. Tumpukkan berat badan pada telapak kaki dan tempatkan tangan di tengah di antara kedua kaki.

5. Kupu-kupu

Duduk di lantai, lebarkan paha hingga lutut dan satukan telapak kaki kanan dan kiri. Tangan membungkus telapak kaki yang saling bertemu dan tekan lutut ke arah lantai dan sebaliknya seperti sedang mengepakan sayap.

6. Kupu-kupu tidur

Usai posisi duduk, rentangkan lengan ke arah luar, lalu perlahan turunkan punggung menempel ke lantai. Hal ini dapat membuka dada si kecil, sehingga mudah mendapatkan oksigen dan mengembalikan detak jantung, juga menstabilkan suhu tubuh, serta menenangkan pikiran. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya