Pahami Alasan Balita Rewel Tanpa Sebab

Crying kids
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ketika usia dua tahun, seringkali si kecil bersikap gelisah dan rewel tanpa sebab. Pada saat itu, orangtua biasanya kebingungan mencari tahu penyebabnya. Anda mungkin menjadi salah satu orangtua yang mengalami kesulitan memahami jalan pikiran si kecil. Namun, ada beberapa alasan umum yang sering membuat anak rewel tanpa sebab. Berikut ini alasannya, seperti dilansir dari laman Thebump.

1. Lapar

Rasa lapar yang cepat biasanya berdampak pada sikap si kecil yang akhirnya gelisah dan rewel. Apalagi, porsi makan si kecil memang sulit untuk diprediksi di usianya yang masih berkembang.

Agar anak tidak rewel, sebaiknya Anda siap sedia makanan ringan yang berprotein. Sehingga, saat si kecil kelaparan, Anda tidak lagi repot mencari makanan.

2. Tidur

Anak-anak usia satu hingga dua tahun, membutuhkan tidur sebanyak 12 sampai 14 jam sehari. Apalagi, tidur cukup dibutuhkan untuk membantu pesatnya tumbuh kembang serta aktivitas anak.

Oleh sebab itu, biasakan agar memberinya waktu tidur yang rutin agar si kecil tidak merasa kelelahan. Karena, rasa lelah yang ia rasakan akan berdampak pada kondisi dan sikapnya yang nampak kacau.

3. Sulit mencari kata

Anak-anak biasanya masih kesulitan untuk mencari kata yang tepat untuk menggambarkan perasaannya. Apalagi, kosakata si kecil memang cenderung terbatas sehingga membuatnya frustrasi.

Untuk itu, usahakan agar memberikan ruang bagi si kecil dalam mengekspresikan perasaannya melalui cara yang positif. Mungkin dengan menggambar atau menulis pesan melalui banyak hal akan terasa lebih menyenangkan.

4. Butuh mengatur diri sendiri

Mungkin tanpa disadari, Anda terlalu mengontrol segala tindakan yang dilakukan si kecil. Padahal, itu bisa membuat dirinya depresi.

Maka dari itu, cukup ingatkan si kecil untuk melakukan sesuatu namun bukan dengan nada menyuruh atau bossy. Hal tersebut bisa memberi ruang bagi dirinya untuk memutuskan dan akhirnya bisa mengatur dirinya sendiri. (ase)

5 Langkah Redakan Anak Tantrum Saat Mudik
Ilustrasi anak menangis

6 Kalimat yang Pantang Diucapkan Orangtua Saat Anak Ngambek

Solusi anak tantrum adalah komunikasi.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2018