Kebiasaan Merawat Bayi Mampu Rusak Postur Tubuh

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id - Menjadi orangtua adalah saat-saat yang membahagiakan. Namun, ada kalanya Anda menjadi sibuk dan aktif bergerak, saat merawat bayi akan berdampak buruk bagi kondisi kesehatan Anda.

Dampak awalnya adalah perubahan postur tubuh, kemudian diikuti dengan kondisi kesehatan Anda yang menurun, karena timbulnya nyeri di beberapa bagian tubuh.

Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi

Berikut ini, beberapa prilaku yang yang harus dihindari saat merawat bayi, karena dapat merusak postur tubuh dan berpotensi memperburuk kondisi kesehatan Anda, seperti dilansir Todaysparent.

1. Mendorong stroller terlalu pendek

Ternyata, tinggi sebuah stroller (kereta bayi) bisa menjadi penyebab sakit punggung Anda. Tidak hanya itu, hal tersebut juga menyebabkan rasa sakit dibagian leher hingga bahu.

Untuk mengakalinya, pastikan tinggi stroller yang mampu membuat postur tubuh Anda tetap tegap. Dan, perhatikan juga kondisi sikut Anda, agar menekuk ke bagian dalam.

2. Membungkuk

Membereskan mainan anak, lalu mengajarkannya memakai sepatu, pasti membutuhkan postur yang membungkuk. Padahal, itu bisa membuat rasa sakit pada punggung Anda.

Sebaiknya, Anda menghindari posisi ini dan mengatur posisi tubuh yang bertumpu pada lutut.

3. Posisi menyusui

Posisi ini juga menentukan kadar rasa sakit pada beberapa bagian tubuh Anda. Biasanya, menggendong si kecil sambil menyusui bisa membuat leher menjadi kaku.

Nah, sebaiknya Anda mencoba posisi menyusui yang lebih sehat. Yang disarankan oleh terapis adalah menggendong dengan satu tangan, telapak tangan terbuka, dan posisi kepala yang tegap. (asp)

Cara kreatif seorang ibu.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Banyak cara kreatif ajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016