Lima Kesalahan Tidur yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :

VIVA.co.id - Setiap manusia butuh istirahat untuk mengembalikan lagi energi serta stamina untuk beraktivitas di keesokan harinya. Itulah sebabnya, tidur adalah hal penting yang harus dilakukan. Tidur berfungsi untuk mengembalikan kekuatan otak dan meningkatkan fokus, kesadaran, serta suasana hati Anda.

Namun sayangnya, banyak orang yang mengalami masalah tidur yang kronis dan berkepanjangan. Masalah tidur ini biasanya dipicu oleh pola tidur yang tidak teratur yang menggangu fungsi fisik, mental, dan psikologi seseorang. Kecemasan dan stres merupakan kondisi yang dapat menimbulkan masalah tidur atau bahkan memperparah masalah ini.

Masalah tidur lainnya yang juga sering terjadi adalah mendengkur, tidur berjalan, dan narkolepsi. Sindrom kaki lelah dan bruksisme juga merupakan kondisi yang memicu gangguan tidur.

Menurut laman Boldsky, kurang tidur bisa menyebabkan kinerja menurun saat berada di kantor atau sekolah, bahkan bisa menimbulkan risiko kesehatan yang lebih berbahaya. Kurang tidur juga bisa menyebabkan rasa gugup dan gangguan suasana hati.

Orang yang mengalami gangguan tidur memiliki risiko terkena masalah jantung, seperti gagal jantung, detak jantung yang tidak teratur, infark miokard, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes melitus dan obesitas.

Namun, ada beberapa kesalahan tidur yang secara sadar atau tidak kita lakukan dan berpengaruh pada kualitas tidur kita. Karena itu, hindarilah kesalahan umum ini agar tidur Anda menjadi lebih berkualitas dan bangun dengan lebih segar. Berikut ini diantaranya.

-Jangan pernah menekan tombol snooze pada alarm ponsel Anda. Tidur kembali setelah menekan tombol tersebut selama 10 menit tidak akan berefek baik pada Anda. Sebaliknya, itu hanya akan membuat Anda merasa lebih lelah karena tidur yang terganggu.

-Jangan tidur siang terlalu lama. Kalaupun ingin tidur sebentar, pejamkanlah mata hanya 30 menit saja karena ini merupakan cara terbaik untuk mengisi kembali energi Anda. Tidur siang yang panjang hanya akan mengganggu pola tidur Anda.

-Cobalah untuk menjaga rutinitas tidur harian Anda. Tidurlah di waktu yang sama setiap hari dan bangun di waktu yang sama juga setiap pagi. Kebiasaan ini dapat membantu Anda menangkal insomnia serta kelelahan, dan menjaga ritme tidur alamiah Anda.

-Hindari mengonsumsi kafein diatas jam 12 siang sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Hindari pula alkohol dan gula sebelum tidur karena keduanya dapat menganggu bahan-bahan kimia di dalam tubuh dan dapat menyebabkan pola tidur terganggu.

-Terakhir, tidurlah di ruangan yang gelap, serta hilangkan rasa cemas dan stres Anda sebelum memejamkan mata.

Pantangan yang Harus Dipatuhi Sebelum Tidur

(ren)

Ilustrasi tidur

Jangan Bawa Ponsel ke Tempat Tidur, Ini Alasannya

Ada banyak hal lain lagi yang bisa memengaruhi kualitas tidur Anda.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015