Manfaat Sehat Kacang-kacangan untuk Wanita

Kacang-kacangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa para wanita yang mengkonsumsi kacang-kacangan memiliki tingkat kesehatan lebih baik dibanding mereka yang tidak. Wanita yang mengkonsumsi lima porsi kacang-kacangan memiliki risiko 30 persen lebih rendah menderita diabetes dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Menurut laman Boldsky, wanita yang rutin mengkonsumsi kacang-kacangan memiliki berat badan yang lebih ringan, mendapatkan lebih banyak serat, kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin E. Selain itu, mereka juga memiliki kadar protein C-reaktif yang lebih rendah, mengkonsumsi sodium lebih sedikit, dan memiliki posisi lebih baik dalam melawan peradangan dibanding para wanita yang tidak mengkonsumsi kacang-kacangan.

Dikatakan pula jika para wanita yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan diketahui mampu menjaga tubuh dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Para peneliti mengatakan kalau semua jenis kacang-kacangan bermanfaat baik dan setiap jenisnya memiliki sejumlah kualitas tersendiri. Semua jenis kacang-kacangan memiliki manfaat sehat dan sarat kandungan pitokimia, mineral, dan vitamin. Kacang-kacangan mengandung lemak, tapi sebagian kecil dari lemak itu yang merupakan lemak tidak jenuh.

Misalnya kacang kenari yang kaya omega-3 dan asam alfa-linolenik yang sangat baik bagi jantung. Sedangkan kacang almond kaya akan vitamin E. Kacang pistasio sangat baik untuk mata dan otak karena mengandung lutein dan zeaxanthin (dua kandungan yang berkaitan denga beta karoten). Kacang-kacangan Brasil kaya akan selenium, kandungan mineral antioksidan.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Para ahli kebugaran bahkan menyarankan agar mengkonsumsi kacang pikan setelah melakukan olahraga karena mereka kaya akan protein dan sumber energi alami. Selain itu, kacang pikan juga rasanya enak dan sarat vitamin A dan E. Kacang pikan juga padat kandungan nutrisi bermanfaat seperti serat dan protein.

Para wanita dapat mengkonsumsi kacang-kacangan kapanpun dan dengan berbagai cara berbeda. Hampir semua jenis kacang merupakan kudapan yang sehat terutama jika disajikan dengan dipanggang dan sedikt diberi garam. Anda bisa memakannya langsung atau mencampurnya dalam salad, makanan penutup atau dimasukkan ke dalam sereal untuk sarapan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya