Alasan Orangtua Tak Boleh Beri Makanan Gurih pada Balita

Ilustrasi anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/vikvarga

VIVA.co.id – Makanan adalah faktor penting yang sangat menentukan kelancaran masa pertumbuhan anak. Itulah mengapa banyak hal yang perlu diperhitungkan agar anak tidak menjadi terlalu pemilih dalam urusan makan.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Untuk itu, tidak disarankan pengenalan makanan gurih pada anak usia bawah lima tahun (balita). Karena hal tersebut membuatnya akan kurang menyukai makanan sehat yang mengandung sedikit atau bahkan tanpa bumbu.

"Kenalkan pada sayur yang direbus, misal brokoli. Start makanan pada anak harus hati-hati agar dia kenal makanan yang sehat," ujar Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Indrarti Soekotjo, SpKO, yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Viral Pria Dimarahi Pacar Gegera Makanan Sehat

Menurutnya, anak akan menjadikan makanan yang pertama kali dikenalnya sebagai sebuah memori, dimana memori tersebut akan bertahan hingga ia dewasa kelak.

"Intinya jangan beri anak makanan dengan sumber gula dan garam berlebih karena akan terus diingat kalau itu enak, dan nantinya dia malah enggak suka sayuran yang terasa hambar," ucapnya.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Oleh sebab itu, Titi, panggilan akrabnya, menyarankan dilakukan pengenalan terhadap makanan alami seperti buah dan sayur yang tanpa pemanis atau rasa gurih tambahan. Diharapkan juga agar para orangtua memberikan fasilitas makanan sehat tersebut pada anak sejak dini.

"Misalnya kasih susu rendah kalori atau glikemik indeksnya rendah yang berarti gulanya sedikit. Jangan lupa juga buat suasana menyenangkan saat makan sayur," kata dia.

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024