Atasi Masalah Perubahan Kulit Selama Masa Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Kehamilan memiliki efek yang nyata pada kulit hal ini dikarenakan perubahan hormon. Perubahan pada kulit tersebut, terkadang, membuat sebagian besar wanita merasa tidak percaya diri.

8 Manfaat Minyak Bulus, Ampuh Kencangkan Payudara?

Perubahan pada kulit selama kehamilan, biasanya juga disertai timbulnya bintik merah di wajah,
stretch mark di perut, warna kulit yang menjadi gelap di beberapa area tubuh, bahkan kuku dan rambut yang sedikit berubah.

Meski demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir karena setelah melahirkan, perlahan-lahan efek tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun, agar perubahan tersebut bisa dibentuk menjadi seperti semula, beberapa tips sederhana ini bisa Anda terapkan. Seperti dilansir dari laman Baby Arabia.

10 Kebaikan Kolagen, Ternyata Bisa Optimalkan Gigi dan Rambut

1. Pelembap dan minyak esensial

Pijat dengan lembut beberapa area tubuh, seperti perut dan puting atau area tubuh yang terdapat
stretch mark, dengan menggunakan minyak esensial. Tidak lupa, selalu gunakan pelembap pada tubuh dan wajah untuk menghidrasi kulit yang kering.

10 Cara Menjaga Kesehatan Kulit, Dijamin Tampak Cerah Merona

2. Mandi dengan rutin

Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal terpenting selama masa kehamilan, untuk menghindari ragam alergi yang mengintai akibat adanya perubahan hormon. Mandi secara rutin dengan pembersih alami dan air yang hangat.

Sebaiknya, wanita hamil juga bisa lakukan relaksasi dengan berendam di air hangat dengan campuran minyak alami, untuk menjaga kelembapan kulitnya. Disarankan juga untuk menggunakan pakaian dengan bahan katun, agar mencegah radang di kulit.

3. Hindari kosmetik rambut

Sebaiknya, hindari krim rambut yang mengandung bahan kimia selama masa kehamilan. Juga, hindari dalam menggunakan pewarna rambut yang mungkin berbahaya bagi kulit kepala Anda.

4. Nutrisi baik

Jaga kulit tetap segar dan bersih dengan mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, tambahkan juga suplemen dan vitamin yang direkomendasikan dokter selama masa kehamilan.

Ilustrasi ibu hamil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya