Buah-buahan yang Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Buah semangka.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Salah satu pantangan bagi penderita diabetes adalah konsumsi gula, termasuk konsumsi beberapa jenis buah yang memiliki kadar gula berlebih. Namun, ada beberapa jenis buah-buahan yang justru direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Tak Kalah Canggih, Perkembangan Stem Cell di Indonesia Bisa Atasi Penyakit Genetik Hingga Kanker

Buah-buahan tersebut tentunya harus memiliki kadar gula yang lebih rendah dengan kandungan glukosa kurang dari lima puluh persen.

Dilansir dari laman boldsky, beberapa buah yang dianjurkan adalah buah anggur dan apel. Kedua buah ini sangat dianjurkan karena memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat glukosa darah.

dr Tirta Ungkap Minuman Manis Kemasan Biang Keladi Diabetes untuk Anak Muda

Selain apel dan anggur, jeruk bali juga sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat membantu untuk mensekresikan insulin lebih efisien. Sementara itu buah jeruk juga sangat disarankan untuk mengontrol kadar glukosa darah.

Selain itu, buah yang dikonsumsi harus segar, atau Anda bisa membekukannya terlebih dahulu. Lalu sebaiknya hindari buah kalengan atau manisan karena tentunya sudah diberi pemanis.

Terpopuler: Ramalan Zodiak Hingga Resep Jamu Tradisional Penurun Berat Badan

Selain buah kalengan, buah-buahan yang sudah dikeringkan juga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Buah buahan yang dikeringkan memiliki kadar gula tinggi karena mengalami kompresi. Selain itu, buah kering akan membuat Anda mengonsumsinya dalam jumlah lebih banyak.

Meski tidak dianjurkan mengonsumsi buah dengan kadar gula tinggi, namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih boleh mengonsumsi buah-buahan tersebut, namun tentunya dengan porsi yang dikurangi.

kismis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya