Cegah Pneumonia dengan Rutin ke Dokter Gigi

Gigi putih.
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa rutin mengunjungi dokter gigi dapat melindungi Anda dari pneumonia karena dapat mengurangi kadar bakteri berbahaya dalam mulut.

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Hasil penelitian ini didasarkan pada catatan kesehatan lebih dari 26 ribu orang di seluruh Amerika Serikat. Dari hasil penelitian itu diketahui bahwa mereka yang tidak pernah memeriksakan gigi ke dokter memiliki risiko tinggi terkena bakteri pneumonia dibandingkan mereka yang rutin datang dua kali setahun.

"Sudah ada tercatat dengan baik hubungan antara kesehatan mulut dan pneumonia. Kita tidak bisa menghilangkan semua bakteri mulut, tapi higienitas mulut yang baik dapat membatasi jumlah bakteri yang ada," kata peneliti utama Michelle Doll, MD, profesor pengobatan dalam di Virginia Commonwealth University, seperti dikutip laman Time.com.

Pneumonia is Leading Cause of Death in Children, Toddlers

Tubuh memiliki 10 kali mikroba sebanyak sel manusia, termasuk bakteri, jamur, dan virus, dibanding. Sebagian besar mikroba tersebut berbahaya (atau bermanfaat), dan bahkan bakteri yang berbahaya itu bisa menyebabkan penyakit dalam kondisi tertentu.

Dalam kasus bekteri yang dapat menyebabkan pneumonia, contohnya, mereka harus dihirup hingga dapat menyebabkan infeksi. Dr Doll mengatakan, rutin membersihkan dan memeriksakan gigi dapat mengurangi jumlah bakteri ini dan mengurangi risiko Anda akan menghirupnya ke dalam paru-paru.

Penyakit Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Terbesar Pada Anak dan Balita

Meski belum dipublikasikan, atau diulas oleh peneliti lain, namun penelitian ini telah dipresentasikan di IDWeek 2016, konferensi tahunan dokter spesialis penyakit infeksi.

Dalam presentasinya, Dr Doll menyatakan kalau mereka yang rutin mengunjungi dokter gigi cenderung akan melakukan kebiasaan mulut sehat seperti rajin menyikat gigi. Mereka juga memiliki kebiasaan sehat secara umum yang dapat memengaruhi risiko pneumonia mereka juga.

Ilustrasi pemberian Imunisasi balita

PAPDI Rilis Jadwal Imunisasi Terbaru 2024

Dalam perilisan jadwal imunisasi terbaru 2024, PAPDI telah menambahkan menambahkan vaksin Pneumokokal Konjugat 15-valent (PCV15).

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024