Pameran Alkes Produksi Indonesia Bertema Rumah Sakit

pameran alat kesehatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Dalam rangka meningkatkan pembangunan kesehatan dalam negeri, Kementerian Kesehatan melaksanakan Pameran Produksi Alat Kesehatan dalam negeri. Uniknya, pameran tersebut dibentuk seperti miniatur rumah sakit dan puskesmas.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Tidak hanya itu, pameran ini juga berisi inovasi dan area riset farmasi yang terdiri dari 125 stand. Pameran ini dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, di JIexpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat 18 November 2016.

"Ini sebagai upaya untuk memperkenalkan bahwa Indonesia mampu memproduksi Alkes di dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri," ujar Menkes.

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

Saat ini, Alkes produksi dalam negeri sebenarnya telah mampu memenuhi 46 persen kebutuhan alat kesehatan di RS Tipe A, namun minat penggunaannya masih rendah. Sehingga, pameran yang diselenggarakan selama tiga hari ke depan mulai 18 - 20 November 2016, bisa meningkatkan penggunaan alkes produksi dalam negeri tersebut.

"Di pameran ini bisa jadi upaya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat melalui stand-stand di sini. Dan juga akhirnya dapat meningkatkan penggunaan alkes dalam negeri," lanjut Menkes.

Kasus COVID-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Lewati Gelombang 3?

Pameran ini masih menjadi satu rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-52, diselenggarakan di Hall C3 JI Expo Kemayoran. Menkes berharap, pameran ini dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

"Pameran seperti ini sudah setiap tahun dilaksanakan, tapi yang fokus memamerkan produksi dalam negeri, baru tahun ini saja. Saya berharap pameran ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya secara kontinu," kata dia.

Pameran Alkes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya