Cara Tepat Kembalikan Bentuk Tubuh Usai Melahirkan

Ibu dan bayi liburan.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Merawat tubuh dan berolahraga  menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi ibu yang baru melahirkan. Hal ini karena  proses mengandung hingga melahirkan membawa perubahan yang membuat tubuh menjadi lemah karena perubahan hormonal pada ibu muda.

3 Manfaat Makanan Berkuah saat Sahur, Bikin Lebih Kuat Puasa?

Untuk itu pastikan diri Anda terhidrasi dan mengkonsumsi kalori yang cukup, kata seorang ahli. Seperti dilansir Indian Express, Yogesh Bhateja seorang pelatih kebugaran  telah berbagi beberapa elemen kunci yang akan membantu seseorang dalam pemulihan yang cepat dan mendapatkan kembali bentuk tubuh  dengan cara sehat.

Menurutnya, hal paling penting yang cenderung diabaikan adalah menjaga diri terhidrasi. Ibu baru harus menjaga dirinya terhidrasi sepanjang waktu. Di samping itu, melakukan pernapasan setiap pagi juga salah satu hal penting yang harus dilakukan.

Kurang Minum Ternyata Mempersingkat Usia, Kata Studi 

"Ini menenangkan sistem saraf dan memberikan oksigen penting untuk jaringan penyembuhan Anda," kata dia.

Dia juga menjelaskan, bahwa periode pascamelahirkan adalah waktu ketika tubuh telah melalui banyak stres dan semakin lemah.  Hal ini menyebabkan banyak perubahan hormon yang terjadi.  Mengonsumsi jumlah yang kalori  yang cukup  juga penting untuk memulihkan, terutama awal enam minggu yang sangat penting.

Tunjang Pemulihan Pariwisata, Pemerintah Siapkan Rp4,55 Triliun

Lebih lanjut, ia juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, asam lemak esensial dan anti-oksidan. Jenis makanan ini bisa didapat dari sayuran hijau, ayam, ikan, telur, produk susu dan kacang-kacangan.

Sementara itu, unsur-unsur seperti gula, rokok, alkohol, steroid, stres, kurang tidur dan diet ketat harus dihindari karena mereka akan memengaruhi dalam proses penyembuhan ibu dan akan menghambat proses  ke kesehatan yang optimal.

Dia juga menambahkan, untuk tidak terburu-buru untuk menurunkan berat badan. Berikan sedikit waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan dan pulih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya