Vitamin D Mampu Cegah Berbagai Masalah Kesehatan

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA.co.id – Tubuh membutuhkan banyak asupan tambahan untuk memenuhi gizi, salah satunya vitamin D. Ternyata, vitamin D sangat bermanfaat untuk menangkal banyak serangan penyakit.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Mulai dari kanker, depresi hingga penyakit jantung dan kematian dini, dapat dicegah dengan asupan vitamin D yang cukup. Kenali beberapa manfaat lain dari vitamin D, dikutip dari laman Prevention.

1. Cegah risiko cedera

7 Buah Kering Kaya Vitamin D, Cocok Buat Stok Camilan Sehat di Rumah

Banyak lansia yang berisiko jatuh dan kemudian cedera, di usia senjanya. Hal ini ternyata berkaitan dengan kurangnya asupan vitamin D. Lansia yang mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan, terbukti mengalami peningkatan kadar vitamin D di darahnya, sehingga mencegah terjadinya risiko jatuh.

2. Cegah kerusakan penglihatan

COVID-19 Naik Lagi, Yuk Jaga Imunitas dengan Vitamin D

Usia yang semakin bertambah, membuat fungsi tubuh menurun, termasuk penglihatan yang disebut dengan degenerasi makular terkait usia. Dengan asupan vitamin D yang cukup, para lansia dapat mencegah adanya kerusakan pada area matanya.

3. Cegah kram

Vitamin D sangat penting untuk tubuh agar menjaga fungsi kekuatan otot dengan absorbsi kalsium yang cukup. Sehingga, kekurangan vitamin D akan berdampak pada penurunan fungsi otot, salah satunya mengalami kram.

4. Cegah kenaikan berat badan

Ternyata, vitamin D mampu memengaruhi proses kenaikan berat badan. Konsumsi vitamin D secara tepat, dapat membantu memperlambat proses kenaikan berat badan. Namun, tentu saja hal ini dibarengi dengan asupan makanan yang baik juga.

5. Cegah tumor

Uterine fibroids atau tumor yang tumbuh di dinding uterus, berkaitan dengan adanya hormon di tubuh dan sebagian lagi karena kekurangan vitamin D. Dampak baik asupan vitamin D yang cukup akan membuat perkembangan tumor terhambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya