7 Buah Kering Kaya Vitamin D, Cocok Buat Stok Camilan Sehat di Rumah

Ilustrasi vitamin D.
Sumber :
  • Freepik

JAKARTA Vitamin D diketahui dapat melindungi tubuh dari osteoporosis ketika seseorang bertambah tua dan menguatkan tulang anak-anak. Mencari cara alami untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah paparan sinar matahari secara teratur solusinya, selain mengonsumsi makanan yang tepat seperti salmon, ikan tuna, produk susu, dan susu nabati yang diperkaya dengan vitamin D. Bisa juga menambahkan buah-buahan kering ke dalam daftar tersebut karena ternyata beberapa buah kering kaya akan vitamin D.

Kisah Mualaf Penyembah Api, Mencari Hidayah dan Akhirnya Memeluk Islam

Vitamin D, vitamin yang larut dalam lemak, sangat penting untuk fungsi fisiologis vital seperti menjaga kesehatan tulang, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh. Orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui, serta anak-anak mulai usia 1 tahun membutuhkan 10 mikrogram vitamin D dalam sehari, seperti anjuran Layanan Kesehatan Nasional. Scroll lebih lanjut ya.

"Kesehatan tulang Vitamin D memfasilitasi penyerapan kalsium. Ini membantu mendapatkan tulang yang kuat dan sehat," kata ahli gizi Preeti Nagar, melansir Health Shots, Jumat 12 Januari 2024.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Vitamin ini berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini membantu mempertahankan tubuh terhadap segala jenis infeksi. Ada juga hubungan antara vitamin D dan pengaturan suasana hati. Ini berpotensi meningkatkan kesejahteraan mental, Mempertahankan kadar vitamin D yang cukup adalah penting. Hal ini dapat menurunkan risiko kondisi kronis tertentu, termasuk penyakit kardiovaskular. Vitamin D juga penting untuk fungsi otot yang tepat. Ini dapat membantu mencegah jatuh, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Buah-buahan kering menunjukkan variabilitas dalam kandungan nutrisi, tetapi biasanya mengandung vitamin penting (A, C, K) dan mineral (zat besi, kalium). Elemen-elemen ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mendukung fungsi-fungsi seperti penglihatan, respon imun, pembekuan darah, dan menjaga keseimbangan elektrolit. Berikut ini adalah 7 buah kering yang kaya Vitamin D.

1. Aprikot kering

Buah kering ini menawarkan 1,5 Unit Internasional (IU) vitamin D per 100 gram. Ini juga menyediakan vitamin dan mineral penting seperti A, zat besi dan potasium.

2. Buah ara kering

Dengan sekitar 3 IU vitamin D per 100 gram, buah ara kering juga terkenal dengan kandungan serat, kalsium, potasium, dan magnesiumnya.

3. Kacang almond

kacang almond

Photo :
  • freepik by topntp26

Berpikir untuk makan kacang almond yang direndam setiap pagi? Ini adalah pilihan yang baik, karena kacang almond menawarkan 9 persen nilai harian (DV) vitamin D. Kacang almond juga mengandung serat, protein, kalsium, vitamin E, tembaga, dan magnesium.

4. Kismis

Kismis

Photo :
  • Pixabay/ Gregroose

Ada sekitar 82,00 IU vitamin D per 100 gram buahh kismis. Buah kering yang manis ini juga mengandung serat dan mineral penting seperti zat besi.

5. Buah plum

Buah plum.

Photo :
  • Wikipedia

Buah plum mengandung sekitar 3,7 mg vitamin D. Buah plum juga mengandung vitamin lain seperti A, C, dan K. 6.

6. Kurma

Kurma

Photo :
  • Pixabay/ Vesiraja

Buah yang disunnahkan oleh nabi ini adalah sumber vitamin selain sinar matahari yang baik. Buah ini memiliki sekitar 2,2 mg vitamin D bersama dengan serat, protein, potasium dan magnesium.

7. Cranberry

Cranberry adalah sumber vitamin C yang sangat baik, menjadikannya bahan utama dalam produk perawatan kulit. Tapi ia juga mengandung vitamin D (sekitar 0,7 mg), jadi konsumsilah untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya